Aset Perusahaan Sering Hilang? Telkomsel Punya Solusi Canggihnya

Senin, 27 April 2020 - 21:44 WIB
loading...
Aset Perusahaan Sering Hilang? Telkomsel Punya Solusi Canggihnya
Alfian Manullang, GM IoT Smart Connectivity Telkomsel saat konferensi pers mengenalkan Asset Performance Management secara daring melalui aplikasi CloudX, Senin (27/4/2020). Foto/Muh Iqbal M/SINDOnews
A A A
Telkomsel terus berupaya menghadirkan sejumlah inovasi dan solusi digital guna mendukung inisiatif pemerintah dalam mewujudkan “Making Indonesia 4.0”. Hari ini, perusahaan memperkenalkan Asset Performance Management, suatu solusi end-to-end berbasis IoT yang dapat digunakan untuk memonitor lokasi dan kondisi produk atau aset perusahaan seperti suhu, kelembapan, dan tekanan udara secara real-time.

"Solusi ini cocok untuk memonitor aset bergerak dan tak bergerak. Mampu menekan angka kehilangan aset yang selama ini terjadi di perusahaan dengan aset tersebar di banyak titik," ungkap Alfian Manullang, GM IoT Smart Connectivity Telkomsel saat konferensi pers mengenalkan Asset Performance Management secara daring melalui aplikasi CloudX, Senin (27/4/2020).
Aset Perusahaan Sering Hilang? Telkomsel Punya Solusi Canggihnya

Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, sebagai roadmap implementasi agenda nasional Making Indonesia 4.0, transformasi di bidang digital sangat diperlukan agar kita dapat mengakselerasikan Revolusi Industri 4.0. "Telkomsel berkomitmen mendukung revolusi industri keempat melalui penerapan teknologi IoT di berbagai industri. Kami memahami pengelolaan aset merupakan hal yang sangat krusial bagi sebuah bisnis. Oleh karena itu, solusi terbaru ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan produktivitas, dan ketika diimplementasikan secara nasional, solusi ini akan mampu memperkuat daya saing bangsa,” kata Setyanto.

Setyanto mengutarakan, sistem monitoring tradisional masih mengandalkan pengelolaan data secara manual. Ini membuat pekerjaan tidak efisien, rumit, dan beresiko terjadi kesalahan. Sedangkan solusi Asset Performance Management dapat mendigitalisasi sistem pemantauan aset perusahaan dengan memberikan informasi kondisi aset yang real-time.
Aset Perusahaan Sering Hilang? Telkomsel Punya Solusi Canggihnya

Dengan begitu, lanjut dia, perusahaan dapat mengurangi biaya operasional, kesalahan dari human error, serta memastikan kualitas produknya terjaga. Solusi Asset Performance Management dapat diimplementasikan pada berbagai industri, seperti industri makanan dan minuman, fast-moving consumer goods (FMCG), farmasi, logistik dan manufaktur yang mana implementasi use case-nya seperti cold chain monitoring, inventory management, dan shipment monitoring.

Bagaimana solusi ini bisa membantu perusahaan mengamankan asetnya? Alfian Manullang mencontohkan perusahaan es krim yang memiliki banyak cooler (pendingin). Pendingin ini ditempatkan di banyak warung tradisional dan minimarket.

"Mereka mengaku tiap tahun kehilangan 1-3% aset pendingin karena warung atau minimarket yang pindah, tutup dan sebagainya. Sehingga mereka tak tahu di mana aset pendinginnya berada. Melalui solusi Asset Performance Management, hal itu tidak terjadi lagi," klaim pria yang akrab disapa Opung itu.
Aset Perusahaan Sering Hilang? Telkomsel Punya Solusi Canggihnya

Dia menjelaskan, ada dua alat melekat pada aset yang ingin dipantau. Masing-masing adalah Smart Gateway dan Smart Beacon. "Kedua alat saling berkomunikasi lalu informasi data-datanya dikirim ke Cloud Telkomsel. Aset ada di mana, suhu berapa derajat, apakah pendingin dimatikan oleh pengelola ritel, semuanya ketahuan. Karena suhu sangat penting untuk produknya, jadi harus benar-benar dipantau," ungkapnya.

Jadi, tambah dia, jika warung tutup pun aset akan terpantau ada di mana supaya bisa ditarik ke gudang. "Dua perangkat ini memiliki baterai dengan masa operasional yang panjang. Smart Gateway daya baterainya dua tahun dan Smart Beacon selama 90 hari," sebut Opung.

Kehadiran layanan Asset Performance Management merupakan hasil kolaborasi Telkomsel dengan Roambee, yaitu startup penyedia layanan pemantauan aset berbasis end-to-end IoT asal Sillicon Valley, Amerika Serikat. Roambee juga merupakan perusahaan rintisan asing yang belum lama ini menerima dana investasi dari Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) selaku unit ventura Telkomsel.
Aset Perusahaan Sering Hilang? Telkomsel Punya Solusi Canggihnya

Salah satu peran Roambee adalah penyediaan Smart Gateway (sensor yang terhubung langsung pada Cloud) dan Smart Beacon (terhubung dengan Smart Gateway dan dapat ditempatkan di aset bergerak dan tak bergerak) sebagai IoT Sensors pada Asset Performance Management.

"Kolaborasi Roambee bersama Telkomsel mempertegas komitmen kami dalam mengakselerasikan ketepatan dan keterandalan teknologi untuk memantau jalur distribusi," ujar CEO Roambee, Sanjay Sharma.

Melalui kolaborasi dengan mitra dan penanam modal yang inovatif seperti Telkomsel, pihaknya yakin Roambee bakal terus mampu menghadirkan berbagai produk intelijen unggulan dan solusi pemantau aset untuk industri dan perusahaan logistik di seluruh dunia, secara langsung dan sesuai dengan perkembangan kebutuhan dunia usaha. "Kami merasa senang dapat turut serta di negara yang sangat cepat berkembang seperti Indonesia dan berbagai negara di Asia Tenggara,” tambahnya.

Terdapat tiga elemen utama yang ada di dalam solusi ini, yaitu IoT Sensors (Bees dan Beacons), IoT Platform, dan Online Dashboard. IoT Sensor menggunakan 2 tipe sensor, yaitu Bee (Smart Gateway) dan Beacon yang dapat diimplementasikan baik pada aset yang bergerak maupun tidak bergerak.

Kedua sensor dapat mendeteksi sejumlah variabel di titik penempatannya, seperti suhu, pencahayaan, kelembapan, tekanan udara, hingga lokasi secara real-time. IoT Platform merupakan infrastruktur dan aplikasi pengolahan data, meliputi Cloud dan data analytics. Sedangkan Online Dashboard, memungkinkan para pelaku bisnis untuk melakukan manajemen aset melalui berbagai perangkat, mulai dari laptop hingga ponsel, di mana pun dan kapan pun secara online.

Ada tiga fitur utama yang dimiliki oleh Online Dashboard ini, meliputi real-time condition, historical reports, dan notifications and alerts. Informasi lebih lanjut mengenai Asset Performance Management dapat diakses melalui www.telkomseliot.com.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4949 seconds (0.1#10.140)