Meluncur 25 Februari, Galaxy S9-S9 Plus Pakai Kecerdasan Buatan

Kamis, 18 Januari 2018 - 10:23 WIB
Meluncur 25 Februari,...
Meluncur 25 Februari, Galaxy S9-S9 Plus Pakai Kecerdasan Buatan
A A A
SEOUL - Tak mau kalah dengan pesaingnya, Samsung dilaporkan sudah menuntaskan pengembangan Neural Processing Units (NPU) yang juga dikenal sebagai chip AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan). Rencananya chip AI tersebut langsung dibenamkan ke Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus.

Komponen ini akan meningkatkan kemampuan perangkat mobile dan server untuk menjalankan perangkat lunak berbasis AI. Dilaporkan laman Korea Herald, salah satu sumbernya mengatakan, chip AI Samsung telah mencapai kemampuan sama seperti yang diraih oleh pabrikan pesaingnya seperti Apple dan Huawei.

Sumber yang sama percaya, bahwa Sammy -sebutan Samsung- akan mengalahkan pesaingnya dengan chip AI yang akan diproduksi pada paruh kedua tahun ini. Samsung awalnya mulai bekerja pada NPU setelah Apple dan Huawei, termasuk satu di A11 Bionic dan Kirin 970 SoCs.

Sedangkan semua handset Apple keluaran 2017 yaitu iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus sudah menggunakan NPU seperti halnya Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro. NPU memungkinkan sebuah smartphone untuk menganalisa, memproses, dan menyimpan data tanpa menggunakan cloud.

Korea Herald meyakini Samsung bakal memamerkan kemampuan NPU barunya saat meluncurkan Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus pada tanggal 25 Februari. H-1 sebelum pameran dagang Mobile World Congress (MWC) 2018 resmi dibuka di Spanyol.

"Meskipun Samsung agak terlambat di bidang AI, (tapi kami) cukup cepat dalam mengejar ketertinggalan dari pesaing. Masih terlalu dini untuk membandingkan kinerja chip AI oleh Samsung, Apple, dan Huawei karena pasar baru saja terbentuk. Apple mengklaim bahwa NPU-nya telah mencapai 600 dalam operasi giga per detik, sementara Huawei mengatakan 4 dalam operasi tera per detik. Samsung diperkirakan serupa atau sedikit lebih tinggi dari yang ada saat ini," sebut sumber anonim perusahaan tersebut.

Samsung sendiri telah mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengonfirmasikan pengembangan NPU-nya. "Pengembangan chip AI sedang berlangsung dan dipimpin oleh Samsung Advanced Institute of Technology," kata Juru Bicara Samsung.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)