Sertijab Gubernur & Wagub Jakarta Ternyata Disiarkan Melalui Teknologi VR

Rabu, 18 Oktober 2017 - 11:01 WIB
Sertijab Gubernur &...
Sertijab Gubernur & Wagub Jakarta Ternyata Disiarkan Melalui Teknologi VR
A A A
JAKARTA - Di balik acara serah terima jabatan (Sertijab) Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta pada Senin (16/10/2017) kemarin ternyata ada yang sedikit berbeda. Tim Smarteye.id dari PT Telkom ternyata menyiarkan secara langsung peroses dengan memanfaatkan teknologi virtual reality (VR).

Dengan teknologi ini, pengguna dapat melihat tampilan lengkap seluruh situasi dari kamera 360 derajat. Hal ini sedikitnya dapat dirasakan di 12 titik kelurahan di Jakarta, baik pada layar yang disediakan nonton bareng maupun menggunakan kacamata VR.

Fahmi Ramadani, Chief Technical Officer (CTO) Smarteye.id mengatakan, pihaknya sangat senang dilibatkan Pemprov DKI Jakarta dalam acara tersebut karena sesuai dengan konsep dari perusahaan startup internal BUMN teknologi informasi komunikasi tersebut.

"Kami sangat senang dilibatkan dalam acara ini karena konsep VR memang cocok membawa warga di tempat jauh tetap bisa merasakan bagaimana suasana yang ada di sebuah tempat acara," kata Fahmi dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Fahmi melanjutkan, dibandingkan kegiatan sebelumnya yang melibatkan mereka seperti PON 2016 September lalu serta Java Jazz 2017 Maret lalu, layanan yang diberikan dalam sertijab mengalami peningkatan.

"Sebelumnya kami gunakan kamera 2 lensa, sekarang kami gunakan kamera 8 lensa. Kami juga akan capture sertijab dari dua lokasi yakni dari Balai Agung dan halaman Gedung G, sehingga kualitas gambar lebih baik dengan cakupan lebih detil," sambungnya.

Smarteye sendiri mengerahkan 15 orang dalam kegiatan tersebut, terdiri dari tim teknis, tim lapangan, dan media. Penambahan tim selain dari Pemprov DKI Jakarta, juga ada dari relawan.

Sadangkan 12 titik kelurahan yang mencicipi teknologi VR milik Smarteye.id antara lain Jatinegara, Pondok Kopi, Pela Mampang, Cipete Selatan, Lebak Bulus, Menteng Dalam, Tanjung Priok, Srengseng, Penjaringan, Marunda, Rawabuaya, dan Duri Kepa.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2377 seconds (0.1#10.140)