Menkominfo Siapkan Tim Terapkan Teknologi 5G

Kamis, 31 Agustus 2017 - 20:01 WIB
Menkominfo Siapkan Tim Terapkan Teknologi 5G
Menkominfo Siapkan Tim Terapkan Teknologi 5G
A A A
JAKARTA - Teknologi 5G digadang-gadang banyak kalangan sebagai teknologi masa depan. Di mana penerapan teknologi ini jauh lebih baik dibanding pendahulunya, yakni 4G, 3G, 2G dan lainnya.

Meski teknologi 5G sudah banyak diterapkan di beberapa negara, namun Indonesia belum bisa mengadopsinya. Menurut Ismail MT, Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo) mengatakan Indonesia butuh waktu untuk menerapkan teknologi 5G.

"5G sudah dibentuk tim, sekarang sedang menindentifikasi kita harus mulai masuk dari mana. Ujungnya memang kita perlu buat roadmap yang harus disiapkan," ujar Ismail, di Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Lebih lanjut, Ismail menambahkan, karena posisi kapan harus masuk (terapkan 5G) sangat penting bagi Indonesia. Sebab kalau terlalu cepat tentu akan memgeluarkan coz yang lebih besar untuk belajar teknologi ini. Tapi teknologi ini juga tidak bisa diterapkan terlalu lama.

"Jadi kita berbicara Ekosistem juga. Teknologi ini bukan hanya perpindahan 4G ke 5G," tukasnya.

Ismail pun menjelaskan, setidaknya saat ini ada 3 isu yang harus diperhatikan, yakni Mobile Broadband, IoT, dan Mission Critical. "Ini yang harus kita siapkan karena perubahan yang ada saat ini berubah begitu cepat," ucapnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2708 seconds (0.1#10.140)