Satelit Alami Gangguan, Telkom Fokus Pulihkan Layanan

Rabu, 30 Agustus 2017 - 21:01 WIB
Satelit Alami Gangguan, Telkom Fokus Pulihkan Layanan
Satelit Alami Gangguan, Telkom Fokus Pulihkan Layanan
A A A
JAKARTA - Pasca ganguan satelit Telkom 1 yang terjadi akhir pekan lalu, Jumat (26/8), Telkom kini fokus me-recovery layanan untuk memberikan kepastian dan kenyamanan kepada para pelanggan.

Tindakan recovery yang dilakukan Telkom, antara lain dengan melakukan migrasi pelanggan Telkom 1, ke satelit Telkom 2, Telkom 3s, serta beberapa satelit asing yang beroperasi di Indonesia.

Setidaknya terdapat dua segmen tindakan yang dilakukan, yakni memastikan ketersediaan transponder di satelit Telkom 2, Telkom 3s, dan satelit asing, serta me-repointing seluruh ground segment antena yang terkena imbas gangguan satelit.

“Per hari ini (30 Agustus), transonder pengganti untuk seluruh pelanggan kita sudah kita siapkan di satelit Telkom 1, Telkom 2, serta satelit asing. Intinya kita fokus dulu pulihkan layanan kepada 63 pelanggan kita. Baik pelanggan end user, maupun pelanggan provider VSAT,” kata Alex J Sinaga saat temu media di Gedung Kementerian dan Komunikasi (Kemkominfo), Jakarta, Rabu, (30/8/2017).

Menurut Alex, terdapat 15.000 site ground segment yang terkena imbas gangguan satelit Telkom 1. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2824 site yang sudah berhasil dipulihkan hingga saat ini. Sedangkan, jumlah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang terkena imbas sebanyak 12030 ATM, yang sudah berhasil beroperasi dengan normal sebanyak 2591 ATM.

“Kami akan terus bekerjasama dengan provider VSAT yang memiliki pelanggan perbankan, maupun secara langsung dengan pihak perbankan, dengan Bank Indonesia (BI) untuk memastikan bahwa layanan kembali pulih, dan dapat digunakan lagi secara normal,” ujar Alex.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0063 seconds (0.1#10.140)