Urusan Sistem Keamanan, Menkominfo Punya Tiga Fokus Utama

Senin, 15 Mei 2017 - 14:43 WIB
Urusan Sistem Keamanan, Menkominfo Punya Tiga Fokus Utama
Urusan Sistem Keamanan, Menkominfo Punya Tiga Fokus Utama
A A A
JAKARTA - Fenomena serangan malware, khususnya ransomware jenis wannaCry tengah marak di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Di mana pada kasus ini, ransomware tersebut lebih banyak menyerang sistem bisnis rumah sakit.

Meski begitu, fenomena seperti ini sebenanrya bukan lagi sebuah hal yang asing di Indonesia. Lalu apakah sebenarnya negara memiliki standar keamanan yang dapat membuat hal-hal sama terulang.

Dalam hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan bahwa pemerintah saat ini sedang menyiapkan standar keamanan. Hanya saja harus diatur dari hal yang paling utama terlebih dahulu.

"Kominfo itu fokus semacam membuat peta jalan. Jadi saat ini prioritasnya itu ada tiga, yakni keuangan perbankan, transportasi, dan energy. Ini dokumen nya sudah kita siapkan," ujar Menkominfo, baru-baru ini, di Jakarta, Senin (15/5/2017).

Meski telah memiliki tiga fokus utama, pria yang akrab disapa Chief RA ini mengaku tidak akan tutup mata terhadap ancaman lainnya. Hanya tiga fokus utama ini akan digenjot terlebih dahulu.

"Kalau kemarin ada yang di hack tentu tidak akan kita abaikn. Tapi fokus kita yang besar dulu," ungkapnya.

Dalam hal ini Menkominfo menganalogikan agar sistem kerja yang ada tidak seperti sistem kerja pemadam kebakaran. Dimana ada kebakaran, disitu langsung diurusi. Jadi jangan sampai tunggu kena hack dulu baru dibenahi.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9458 seconds (0.1#10.140)