V-Belt Berisik, Coba Cek Komponen Ini

Selasa, 27 September 2016 - 08:10 WIB
V-Belt Berisik, Coba Cek Komponen Ini
V-Belt Berisik, Coba Cek Komponen Ini
A A A
BEKASI - Meski telah dibekali berbagai teknologi canggih, penggunaan skuter matik (Skutik) dalam jangka panjang tentu saja akan menemui kendala. Salah satu kendala yang kerap dihadapi pada skutik adalah bunyi berisik seperti rantai kendor.

Sebenarnya bunyi berisij tersebut bukan disebabkan oleh rantai kendor. Pasalnya skutik sudah tidak lagi dibekali oleh rantai sebagai rotor penggerak roda melainkan karet V-Belt. Lalu apa yang menyebabkan bunyi berisik seperti rantai kendor pada matik.

"Bunyi seperti itu biasanya karena roller pada motor sudah haus. Hal ini kalau tidak segera di perbaiki bisa merembet rumah roller dan komponen lainnya," ujar Kepala Bengkel Honda Supra Jaya Motor, Rahmat Arif, di Bekasi, Senin (26/9/2016).

Dirinya menambahkan, roller itu harus diganti minimal 24 ribu kilometer. Diangka segitu biasanya roller memang sudah haus, terutama jika motor dipakai rutin harian.

Ditanyai apakah kondisi roller yang haus akan berpengaruh terhadap tarikan skutik. Dirinya mengatakan, "Tentu saja berpengaruh, rarikan motor biasanya jadi ngempos. Selain itu, dampaknya juga terlihat pada tarikan awal. Biasanya motor jadi getar," ungkapnya.

Untuk penjualan roller sendiri, pihak bengkel menjualnya satu paket. Dimana dengan banderol Rp 150 ribu, penggantian roller sudah berserta karet V-Belt.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7196 seconds (0.1#10.140)