Tips Sederhana Bikin Motor Matic Awet

Kamis, 01 September 2016 - 18:02 WIB
Tips Sederhana Bikin Motor Matic Awet
Tips Sederhana Bikin Motor Matic Awet
A A A
BEKASI - Skuter Matik (Skutik) kini kian menjadi primadona ditengah masyarakat Indonesia. Bahkan seiring perkembangannya, penggunaan skutik mulai menenggelamkan keberadaan sepeda motor bertransmisi manual.

Hal ini tentu saja tidak dapat terelakkan, selain membuat berkendara lebih praktis skutik juga telah dibekali dengan berbagai teknologi canggih. Meski begitu, bukan berarti skutik yang beredar saat ini akan terhindar dari masalah.

Lalu langkah apa saja yang dapat dilakukan agar kondisi skutik tunggangi tetap prima. Berikut beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan.

"Biasakan panaskan mesin sekitar 5-10 menit sebelum berkendara. Hal ini agar oli dapat bekerja dengan baik. Periksa oli mesin dan oli transmisi jangan sampai kehabisan," ujar Kepala Mekanik AHASS di wilayah Bekasi, Musrofi, belum lama ini, di Bekasi, Selasa (30/8/2016)

Dirinya menambahkan, terkadang pengguna lupa mengecek bagian busi dan aki. Karena sebenarnya kedua komponen ini juga harus sering diperhatikan. Hal ini berguna agar pengapian motor tetap baik.

Namun dalam hal ini Musrofi mengatakan bahwa perilaku bekendara juga turut mempengaruhi kondisi skutik. Prilaku berkendara yang sering menancap gas kencang kemudian melakukan pengereman mendadak ternyata dapat merusak motor.

"Berkendara seperti itu bisa mempengaruhi kenerja transimi skutik jadi mudah aus," ucapnya.

Terlepas dari itu, dirinya menyarankan pengguna untuk melakukan servis rutin di bengkel resmi milik Honda demi menjaga performa motor.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8926 seconds (0.1#10.140)