Virus Trojan Marcher Makin Canggih, Bisa Curi Password Berbagai Jenis Akun

Selasa, 23 Agustus 2016 - 12:49 WIB
Virus Trojan Marcher Makin Canggih, Bisa Curi Password Berbagai Jenis Akun
Virus Trojan Marcher Makin Canggih, Bisa Curi Password Berbagai Jenis Akun
A A A
CALIFORNIA - Saat ini ancaman malware menjadi momok para pengguna smartphone Android. Bahkan sekarang ada sebuah malware bernama Marcher yang mampu mencuri password berbagai jenis akun, mulai dari aplikasi populer, di antaranya adalah WhatsApp, Viber, Skype, Facebook, Facebook Messenger, Intagram, Twitter, Gmail, Line, UC Browser, Chrome serta Play Store

Sebenarnya ini bukanlah virus trojan baru, karena malware Marcher sudah diketahui sejak 2013. Keberadaannya tersamarkan dimana keberadaannya menipu pengguna smartphone dengan menampilkan layar palsu saat menjalankan aplikasi Google Play Store.

Bahkan dalam perkembangannya di 2014, malware ini mempunyai kemampuan lebih canggih, bisa mengganggu aktivitas phising terhadap lembaga finansial yang ada di Australia, Perancis, Jerman, Turki serta Amerika Serikat.

Belum lama ini firma keamanan Zscaler mengungkapkan kemampuan baru yang dimiliki oleh malware Marcher. Seperti dikutip dari Softpedia, Selasa (23/8/2016), Zscaler mengungkapkan kalau saat ini kreator Marcher mengalihkan targetnya kepada para pengguna aplikasi Android populer.

Marcher saat ini punya kemampuan untuk mengumpulkan data-data penting dengan menggunakan layar login palsu. Zscaler mengungkapkan, penyebaran aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan domain tak resmi milik Google. Mereka pun melakukannya dengan menyediakan update security palsu untuk pemilik smartphone Android. Nah, mulai sekarang Anda pengguna smartphone harus lebih hati-hati.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1981 seconds (0.1#10.140)