Cara Menangani Handphone Pasca Kecebur di Air

Rabu, 06 Juli 2016 - 09:21 WIB
Cara Menangani Handphone Pasca Kecebur di Air
Cara Menangani Handphone Pasca Kecebur di Air
A A A
LOS ANGELS - Ketika smartphone jatuh ke dalam genengan air tentu saja hal pertama yang akan terlintas adalah perangkat Anda akan rusak. Bahkan sebagian orang merasa malas untuk memperbaikinya karena sudah tahu akan seperti apa hasilnya.

Namun sebelum Anda pasrah, alangkah baiknya Anda mencoba beberapa langkah untuk mencegah perangkat dari kerusakan. Dilansir dari Android Autorithy, ada beberapa langkah yang dapat dicoba untuk memberikan harapan perangkat Anda dapat kembali normal setelah terkena air.

Meskipun, hal itu juga tergantung dari kondisi air yang ada di dalam ponsel, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa langkah ini. Untuk itu, berikut adalah cara menyelamatkan ponsel Anda dari kerusakan akibat terkena air.

Hal pertama yang dapat dilakukan tentu saja sesegera mungkin mengeluarkan perangkat dar genangan air, kemudian matikan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menekan tombol off pada perangkat atau dengan cara mencabut batere. Selanjutnya, Anda bisa mengeluarkan komponen lainnya seperti kartu SIM, dan kartu MicroSD.

Langkah berikutnya, guna mengeringkan komponen yang sudah terlepas, gunakan tisu untuk mengeringkan pada perangkat. Saat mengeringkan komponen, pastikan Anda melakukannya dengan perlahan agar tidak merusak kompone lainnya.

Selanjutnya gunakan vacuum cleaner untuk mengeringkan sisa-sisa air yang terdapat pada perangkat. Namun perlu diingat, saat melakukan proses ini sebaiknya jangan terlalu dekat. Sebab ditakutkan menggangu komponen lainnya.

Terakhir adalah pengeringan, untuk memastikan air di dalam ponsel benar-benar hilang, Anda dapat mendiamkan perangkat selama beberapa hari. Selain itu, salah satu cara yang dipercaya dapat mempercepat proses pengeringan adalah meletakkan ponsel dalam kantong kedap udara yang berisi beras, dan didiamkan selama dua sampai tiga hari.

Dalam hal ini beras dikenal baik dalam menyerap kelembapan. Oleh karena itu, beras dapat digunakan untuk memastikan ponsel lebih kering dan mengeluarkan
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7195 seconds (0.1#10.140)