Ini yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Helm

Sabtu, 21 Mei 2016 - 21:41 WIB
Ini yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Helm
Ini yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Helm
A A A
KEBERADAAN helm adalah perangkat wajib dan vital yang harus digunakan oleh para pengguna motor. Namun biasanya hal ini kurang mendapat perhatian, alias sembarangan dalam memilih helm.

Biasanya saat membeli sebuah helm, sering terjebak hanya pada model atau gambar yang ada di helm. Padahal, selain sebagai lifestyle, fungsi utama helm tetaplah sebagai pelindung kepala.

Banyak bahan yang digunakan untuk pembuatan helm, mulai dari kevlar atau serat resin. Di beberapa negara, helm merupakan perlengkapan wajib bagi para pengendara motor.

Di Indonesia meski sempat mendapat penolakan saat dicetuskan oleh Kepala Kepolisian Hoegeng pada awal tahun 70an, pada akhirnya berdasarkan Undang Undang No.14 tahun 1992, helm ditetapkan sebagai perlengkapan wajib bagi para pengendara motor.

Bagaimana memilih helm yang baik masih kurang disosialisasikan, nah ada beberapa tips yang sangat penting bagaimana memilih helm yang baik sebagai standart keselamatan para bikers.

- Pastikan memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala, tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. Bila terlalu sempit, pengguna helm akan merasa sakit dibagian kiri, kanan dan atas kepala. Dan bila terlalu longgar, pengguna tidak akan merasa nyaman karena helm akan bergerak pada saat tertiup angin. Selain itu helm yang longgar akan berbahaya pada saat terjadi benturan.

- Pilih helm yang bahan shellnya keras atau tidak lentur, bahan keras pada luar helm sangat penting untuk perlindungan maksimal.

- Untuk melindungi seluruh bagian tempurung kepala, pilihlah helm fullface atau minimal openface karena tipe helm ini yang paling maksimal melindungi kepala Anda saat terjadi benturan.

- Pilih helm dengan bagian dalam atau inner yang lembut, pilihlah bahan dari kain yang sangat lembut dengan kemampuan maksimal untuk menyerap keringat. Bahan yang lembut akan membuat anda menjadi lebih nyaman memakai helm walaupun dalam waktu yang lama.

- Pilih helm dengan lapisan pengaman dalam yang tebal, hal ini untuk mengimbangi bagian luar helm yang keras, bagian dalam yang tebal dapat meredam benturan dengan benda keras lain yang mungkin saja terjadi.

- Pilih helm dengan tali pengikat yang kuat, ini sangat penting agar helm tidak mudah terlepas dari kepala pada saat pengendara terjatuh ataupun terjadi benturan.

- Pilih helm yang sudah memenuhi standard yang ditentukan. Helm yang sudah memenuhi standard keamanan berarti sudah melewati proses uji, sehingga anda akan merasa lebih aman menggunakan helm tersebut.

Nah, setelah membaca ini sudah saatnya Anda mengutamakan keselamatan dalam berkendara khususnya para bikers untuk memilih dan menggunakan helm yang tepat. Jadikan diri Anda sebagai pelopor keselamatan di jalan raya. Semoga bermanfaat. (Berbagai sumber).
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1074 seconds (0.1#10.140)