Grip Ban Mobil Tentukan Keamanan Berkendara

Senin, 01 Februari 2016 - 17:25 WIB
Grip Ban Mobil Tentukan Keamanan Berkendara
Grip Ban Mobil Tentukan Keamanan Berkendara
A A A
JAKARTA - Saat hendak membeli ban mobil, seringkali kita dihinggapi rasa bingung untuk memilih. Hal tersebut mungkin saja karena kita tidak mengerti aspek apa saja yang harus dipenuhi saat ingin membeli ban mobil.

Hal ini akhirnya membuat kita terpaku untuk membeli ban berdasarkan merk yang sudah terkenal saja tanpa tahu kualitas dan aspek apa saja yang seharusnya dipenuhi. Marketing Manager for Passengger Car Segmnet Michelin Indonesia, Refil Hidayat mengungkapkan, syarat utama memilih ban mobil itu dilihat dari Grip ban tersebut.

"Ban itu merupakan salah satu fitur keselamatan, jadi kita tidak boleh asal pilih ban untuk kendaraan. Hal pertama saat kita ingin memilih ban itu dilihat dari grip. Sebab walaupun ban tersebut merupakan ban dengan merk eropa, tapi harus desesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia," ujarnya.

Dirinya menegaskan, jadi konsumen kalau mau beli ban itu yang pertama harus dipikirkan adalah keamanan berkendara dengan ban yang dipilih. Keamanan pada ban ditentukan pada grip yang dimiliki oleh ban tersebut.

Saat ditanyai tipe ban seperti apa yang cocok digunakan dengan kondisi geografis di Indonesia. Dirinya mengungkapkan, "Karena Indonesia merupakan negara tropis, sebaiknya konsumen memilih ban dengan grip yang memiliki jarak pengereman yang baik. Kemudian kualistas ban juga harus memliki kemampuan maksimal baik dijalan yang kering ataupun basah," papar Refil.

Kalau aspek-aspek tersebut sudah terdapat pada ban, baru kita bisa melihat ke aspek terakhir yaitu keawetan ban. Tapi diatas semuanya itu yang paling penting kita harus memilih ban berdasarkan keamanan berkendara. Seperti ukuran yang sesuai dengan bobot atau kapasitas mobil.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9700 seconds (0.1#10.140)