Trafik Data Telkomsel Naik 98%

Minggu, 03 Januari 2016 - 23:35 WIB
Trafik Data Telkomsel Naik 98%
Trafik Data Telkomsel Naik 98%
A A A
YOGYAKARTA - Angka trafik jaringan terutama layanan data Telkomsel melonjak hingga 200 gigabyte (GB) atau 98% dibandingkan liburan Natal dan Tahun Baru sebelumnya. Begitu pula dengan layanan voice yang kali ini meningkat hingga 106 juta menit atau naik 22%. Sementara untuk layanan SMS hingga 71 juta SMS atau naik 5%.

“Kenaikan signifikan (kalau dibandingkan tahun sebelumnya). Sedangkan dari hari biasa naik 16 persen untuk (layanan) data, 30 persen untuk (layanan) SMS, dan 10% untuk (layanan) voice pada malam tahun baru se-Jateng-DIY,” ujar Corporate Communications Telkomsel Region Jateng-DIY Agus Budi Prasetiyono, Minggu (3/1/2016).

Di lingkup Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sendiri, lonjakan didominasi oleh pengguna yang ada di kawasan Pantai Baron dan Pantai Indrayanti terutama ketika puncak liburan Natal 2015. Yang naik hingga 300 persen dari hari biasanya. Untuk memberikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi, sebelumnya Telkomsel telah memastikan kesiapan jaringannya di berbagai lokasi wisata. Khususnya yang diprediksi menjadi pusat keramaian pada malam pergantian tahun.

Dan di wilayah Jawa Tengah dan DIY, telah dilakukan identifikasi terhadap 65 titik keramaian utama atau yang kemudian disebut dengan Point of Interest (PoI). Di antaranya Alun-Alun Purworejo, Alun-Alun Temanggung, Alun-Alun Wonosobo, Candi Borobudur, Grand Artos Mall Magelang, Alun-Alun Wonosari, Alun-alun Yogyakarta, Bandara Adisucipto, Kebun Binatang Gembiraloka, Malioboro, Pantai Baron, Pantai Indrayanti, dan Pantai Parangtritis untuk lingkup DIY.

“Setidaknya di kawasan DIY ada 13 tempat yang paling padat dan diantisipasi (terjadinya lonjakan trafik jaringan),” jelasnya.

Sementara itu, GM ICT Operation Telkomsel Region Jateng-DIY Iswandi sebelumnya mengatakan, pihaknya terus mengawal kualitas jaringan selama masa pergantian tahun di titik-titik keramaian tersebut, khususnya lokasi wisata. Di antaranya dengan turut menyiagakan 33 Compact Mobile BTS (COMBAT) di kawasan itu untuk menjamin kualitas jaringan tetap prima.

“Kami mendirikan Posko Telkomsel Siaga yang kami monitor jaringan 24 jam tiada hentinya setiap hari. Sehingga kami menjamin pelanggan tetap nyaman berkomunikasi di manapun berada. Fokus kami meningkatkan kualitas service dan kenyamanan pelanggan dalam akses jaringan data dengan tetap menjaga kualitas layanan prima di sisi voice,” kata Iswandi.

Sebelumnya, di Region Jateng-DIY diprediksi bakal terjadi kenaikan layanan data pada momen Tahun Baru hingga 220 Terabyte atau naik 33% dibandingkan trafik data rata-rata di hari normal sepanjang tahun 2015. Sementara itu layanan suara diperkirakan menjadi 105 juta menit atau naik 8 persen. Sedangkan trafik SMS diperkirakan menjadi 70 juta SMS atau naik 20 persen dibandingkan dengan trafik normal hari biasa. Dan untuk mengantisipasi hal tersebut, selain didukung lebih dari 100.000 BTS, secara nasional Telkomsel mengerahkan sebanyak 93 COMBAT di berbagai lokasi wisata padat pengunjung di seluruh Indonesia yang menjadi pusat perayaan malam tahun baru.

“Dari sisi layanan, kami menyiagakan 36 Armada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk melalui 300 outlet siaga, 65 titik Posko Telkomsel Siaga yang mulai beroperasi 18 Desember 2015 hingga 3 Januari 2016, serta didukung pula oleh 11 GraPARI Siaga dan Call Centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur, “ imbuh GM Sales Telkomsel Region Jateng-DIY, Djony Heru Suprijatno.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0001 seconds (0.1#10.140)