Tips Sebelum Touring di Malam Tahun Baru

Kamis, 31 Desember 2015 - 11:45 WIB
Tips Sebelum Touring di Malam Tahun Baru
Tips Sebelum Touring di Malam Tahun Baru
A A A
MALAM menjelang penutup tahun, kerap digunakan para bikers untuk mengadakan touring atau perjalanan jarak jauh saat malam Tahun Baru. Untuk itu, alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal berikut sebelum melakukan perjalanan.

Periapan Motor

Untuk memberikan akselerasi maksimal pada saat berkendara, alangkah baiknya lakukan service terhadap tunggangan Anda terlebih dahulu. Mintalah mekanik bengkel untuk membersihkan karburator, penyetelan klep, pengecekan busi, serta mengganti oli dan jangan lupa periksa kelayakan rem pada kendaraan.

Pastikan ban yang digunakan masih memenuhi standar alias tidak gundul. Sebab, kondisi ban akan sangat mempengaruhi tunggangan dalam menghadapi berbagai medan.

Untuk pencahayaan, pastikan lampu pada sepeda motor dapat berfungsi dengan baik. Mulai dari lampu utama, lampu rem, hingga lampu sen. Hal ini memang terlihat sepele, namun keberadaanya sangat penting karena mnyangkut keselamatan diri Anda dan juga pengguna jalan lainnya.

Aksesori

Gunakan pakaian yang dapat membuat nyaman pada saat melakukan riding, mulai dari jaket, celana, sepatu dan sarung tangan. Sebab pakaian yang nyaman dapat menghindari Anda dari rasa cepat capek saat berkendara. Tentu saja bukan berarti mengurangi gaya Anda saat berkendara.

Kunci-kunci Motor

Untuk mempermudah Anda selama perjalanan touring motor, wajib mempersiapkan kunci-kunci dasar. Setidaknya untuk melakuakn antisipasi terhadap kerusakan, sederhana seperti baut-baut motor yang terasa longgar, atau mengganti beberapa part motor yang masih bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel motor.

Peta

Dengan teknologi yang semakin modern, tentu bukan hal yang sulit menggunakan peta. Hal ini juga cukup membantu sebelum melakukan perjalanan, sebab Anda dapat mengetahui bagaimana medan yang akan ditempuh dan berapa estimasi waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi perhatian Anda para biker, sebelum melakukan touring di malam Tahun Baru. Selamat mencoba!!
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0245 seconds (0.1#10.140)