Selain Jaringan, Ada Handphone Anti Sadap Karya Anak Bangsa

Senin, 07 Desember 2015 - 15:25 WIB
Selain Jaringan, Ada Handphone Anti Sadap Karya Anak Bangsa
Selain Jaringan, Ada Handphone Anti Sadap Karya Anak Bangsa
A A A
BANDUNG - PT Hariff Daya Tunggal Engineering perkenalkan handphone khusus anti sadap. Perangkat ini deperkenalkan bersamaan dengan diluncurkannya Jaringan Aman dan Mandiri (JAM).

Pada dasarnya perangkat anti sadap ini sama seperti perangkat pada umumnya, hanya saja jaringan yang digunakan menggunakan protokol dan enkripsi sendiri sehingga tidak dapat di sadap oleh orang lain.

"Pada dasarnya perangkat ini kita buat karena kami melihat bahwa sebenarnya Pemerintah perlu jaringan sendiri untuk sistem komunikasi mereka. Bila kita lihat selama ini, hal yang paling sering terjadi adalah pembicaraan para pejabat negara bahkan kepala negara kita di sadap oleh asing bahkan di curi datanya," ujar Presiden Direktur PT Hariff Daya Tunggal Engineering, Budi Permana, Senin (7/12/2015).

Menurutnya saat ini butuh sebuah sistem sendiri yang jaringannya khusus di pegang oleh Pemerintah. Jadi tidak lagi menggunakan jaringan yang umum digunakan, hal ini jelas dapat lebih aman dari penyadapan.

Perangkat ini merupakan gabungan dari handphone digital dengan enkripsi dan protokol sendiri dan jaringan yang digunakan tidak masuk ke cloud.

"Untuk handphone ini, kami baru membuat konsepnya saja untuk di demokan. Akan tetapi kalau Pemerintah berminat untuk menggunakannya, kita siap untuk memproduksinya lebih banyak," ujarnya.

Dirinya berharap dengan perangkat ini kasus penyadapan oleh asing seperti yang dialami presiden sebelumnya tidak akan terulang lagi.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0909 seconds (0.1#10.140)