Cara Mengganti Kampas Kopling dengan Mudah

Minggu, 22 November 2015 - 13:03 WIB
Cara Mengganti Kampas Kopling dengan Mudah
Cara Mengganti Kampas Kopling dengan Mudah
A A A
Bila kendaraan Anda mulai kehilangan tenaga saat melaju saat putaran tinggi (biasa disebut nggembot), biasanya hal ini disebabkan oleh kampas kopling yang tidak maksimal bekerja.

Seperti diketahui kopling sebuah komponen yang ada di kendaraan berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi. Salah satu komponen pada kopling adalah kampas kopling.

Karena seringnya bergesekan maka bila kendaraan sering dugunakan maka kampas kopling akan aus. Hal ini berdampak pada hilangnya tenaga atau lost power. Karenakan putaran dari mesin tidak sepenuhnya diteruskan ke transmisi karena selip akibat keausan pada kampas kopling.

Jika kampas kopling sudah tipis maka segeralah diganti. Bila ingin menggantinya sendiri caranya cukup mudah, ikuti langkah langkah tips berikut:

1. Sebelumnya keluarkan terlebih dahulu oli dengan cara membuka baut tap bagian bawah.

2. Setelah oli terkuras habis lepaskan bak kopling dengan menggunakan kunci T (biasanya T-10). Namun sebelumnya lepaskan terlebih dahulu kick stareter dengan melepas baut penguncinya.

3. Setelah bak kopling terlepas akan terlihat dua lingkaran yaitu kopling utama dan kopling ganda (kopling sentrifugal) (pada motor bebek). Untuk melepasnya cukup dengan melepas baut pengikatnya yang biasanya berjumlah 4 atau 6 buah.

4. Setelah baut terlepas maka rangkaian yang terdiri dari pegas atau per, mangkuk penekan, plat penekan beserta kampas koplingnya sudah terurai.

Yang perlu diperhatikan, adalah cara melepas baut pengikat. Karena baut ini tertekan oleh pegas maka jika tidak dilakukan dengan benar, besar kemungkinan baut akan dol bahkan baut bisa patah.

Cara untuk melepasnya: Longgarkan baut-baut ini secara merata artinya tidak dilepas satu persatu. Longgarkan sedikit satu baut dulu kemudian longgarkan baut berikutnya secara menyilang. Agar kekuatan pegas yang menekan baut baut tersebut tidak berat sebelah.

Setelah semua baut terlepas perhatikan konstruksinya agar dalam pemasangan nanti tidak kesulitan. Kampas kopling baru siap dipasang, sesuai dengan kontruksi awal. Nah cukup mudah bukan, tak perlu membawa kebengkel dengan mengelurkan ongkos tambahan. Selain itu, ilmu Anda semakin bertambah dengan hal ini.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8570 seconds (0.1#10.140)