YouTube Lindungi Pengguna dari Masalah Hukum

Jum'at, 20 November 2015 - 18:38 WIB
YouTube Lindungi Pengguna dari Masalah Hukum
YouTube Lindungi Pengguna dari Masalah Hukum
A A A
CALIFORNIA - Guna mendorong lebih banyak perusahaan memosting kontennya ke YouTube. Perusahaan tetap harus menjamin keamanan pengguna yang memosting videonya, akan bebas dari pelanggaran.

Dilansir dari Ubergizmo, Jumat (20/11/2015), baru-baru ini, YouTube mengumumkan bahwa mereka berencana membantu menutupi biaya hukum dan membela para penggunanya di pengadilan atas kasus dari Digital Millennium Copyright Act (DMCA).

Masalah ini awalnya berasal dari pengguna yang tanpa sengaja memosting video, namun pada video tersebut terdapat
background acara TV, film atau musik, lalu DCMA meminta pencopotan video tersebut.

"Kami melakukan hal ini karena kami menyadari, bahwa pemposting video pasti merasa terintimidasi oleh proses pemberitahuan DMCA tersebut. Bayangkan saja, Anda sedang berada di rumah dan merekam balita Anda dengan video berlarian di sekitar rumah. Namun, dalam video tersebut juga terdengar sebuah lagu dari seorang artis yang diputar di radio. Bila melihat kronologi kejadian tersebut, jelas itu bukan niat untuk merekam video dengan dalih untuk membajak lagu atau menggunakannya secara tidak sah," papar pihak YouTube.

Mereka menambahkan, terkadang Departemen Hukum Studio Film dan Label bisa sangat mempermasalahkan hal tersebut dan mengajukan pencopotan video pada DMCA. Situasi seperti inilah yang ingin dihindari pihak YouTube.

"Meskipun begitu, kami tidak bisa memberikan perlindungan hukum kepada setiap pengupload video atau bahkan setiap video yang ada di YouTube.," pungkas YouTube. Meskipun begitu, pihaknya menolak secara Hukum kejadian tersebut merupakan bentuk dari pembajakan atau pelanggaran hak cipta.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3655 seconds (0.1#10.140)