Manfaat Pengisian Nitrogen pada Ban Kendaraan

Kamis, 19 November 2015 - 17:30 WIB
Manfaat Pengisian Nitrogen pada Ban Kendaraan
Manfaat Pengisian Nitrogen pada Ban Kendaraan
A A A
Ban merupakan salah satu komponen penting bagi kendaraan baik itu motor ataupun mobil. Sebelum melakukan perjalanan tentu kita harus memperhatikan tekanan angin pada ban untuk performa yang optimal.

Selain menggunakan angin melalui kompresor, kini beberapa toko ban telah menyediakan pengisiian dengan menggunakan gas nitrogen (N2). Lalu manfaat apa bisa di dapat ketika ban pada kendaraan telah diisi nitrogen.

"Pengisian ban dengan nitrogen mempunyai banyak keuntungan bila dibandingkan dengan pengisian angin biasa. Salah satu hal yang sangat penting adalah nitrogen itu tidak memilki kada air, hal ini berbanding terbalik dengan pengisian angin biasa yang banyak mengandung air," ujar Kepala Toko Planet Ban cabang Jatiasih, Abda Khoirulhuda, Kamis (19/11/2015).

Dirinya menambahkan, ban kalau memiliki banyak kadar air itu pasti menimbulkan jamur, karena didalam ban lembab. Hal tersebut nantinya dapat merusak pelek pada kendaraan. Kalau pernah liat bintik-bintik hijau yang nempel pada pelek itu adalah jamur, pungkasnya.

Dengan pengisian ban menggunakan nitrogen, kadar airnya tidak ada jadi ban dapat lebih awet dan lebih ringan bila dibandingkan diisi dengan angin kompresor. Selain itu tempratur udara yang berada didalam ban juga tidak berubah baik dalam kondisi apapun jadi jelas lebih aman untuk ban.

Harga pengisian Nitrogen dari nol berkisar Rp 10.000 dan biasanya tutup pentil langsung diganti dengan tutup khusus berwarna hijau.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2727 seconds (0.1#10.140)