Tips Sederhana Jaga Baterai Biar Awet

Senin, 09 November 2015 - 16:43 WIB
Tips Sederhana Jaga Baterai Biar Awet
Tips Sederhana Jaga Baterai Biar Awet
A A A
WALLINGFORD - Baterai pada handhone merupakan sebuah elemen yang tidak dapat terpisahkan. Tentu saja dibutuhkan perawatan lebih kepada baterai, agar dapat berumur panjang.

Dilansir dari Verizon, Senin (9/11/2015), sebetulnya banyak cara yang dapat dilakukan. Tapi tips kali ini diharapkan lebih sederhana untuk bisa dilakukan agar baterai pada handphone dapat bertahan lama.

1. Membawa charger cadangan

Jangan biarkan baterai pada handphone sampai benar-benar habis. Kondisi tersebut dapat membuat baterai jadi lebih cepat rusak. Lakukan pengisian kembali minimal kapasitas baterei telah mencapai 40%.

2. Manjakan baterai

Pastikan port pada baterai yang dihubungkan ke perangkat Anda bersih. Jangan biarkan perangkat Anda mencapai panas hingga 95 derajat Fahrenheit. Bila hal itu terjadi, biarkan perangkat beristirahat dan batasi penggunaan perangkat dalam cuaca dingin.

3. Menghemat

Salah satu penghematan yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan WiFi jika tidak digunakan. Bila tidak dimatikan, WiFi pada semua perangkat akan terus mencari sinyal. Anda juga dapat mematikan 4G LTE jika Anda kebetulan berada di suatu tempat tanpa sinyal yang baik. Selain itu, jauhkan layar dari tampilan yang terlalu terang karena juga dapat membuat baterai boros.

4. Matikan pemberitahuan push, setiap pemberitahuan melalui aplikasi, seperti media sosial juga dapat menguras daya baterai.

5. Ubah pengaturan

Ubah pengaturan tampilan pada ponsel sehingga tampilan layar time-out lebih rendah. Pastikan bluetooth dimatikan saat tidak digunakan, sehingga perangkat tidak mencoba mencari koneksi dengan aksesori yang tidak ada. Selain itu, aplikasi wallpaper hidup juga dapat mempengaruhi kinerja baterai.

6. Carilah beberapa aplikasi seperti iOptimizer atau Baterai Grafik yang dapat membantu untuk memantau penggunaan baterai Anda.

7. Untuk kinerja optimal, "reboot" baterai setiap kali ingin mengisi baterai dan biarkan baterai turun hingga sekitar 10%. Kemudian, isi hingga 100%. Selain itu, hindari pengisian berlebihan kecuali untuk perangkat baru, yang memang dianjurkan.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8146 seconds (0.1#10.140)