Kick Starter Motor Matic Macet Jangan Dipaksa

Jum'at, 25 September 2015 - 12:07 WIB
Kick Starter Motor Matic Macet Jangan Dipaksa
Kick Starter Motor Matic Macet Jangan Dipaksa
A A A
BAGI pemilik motor matic pastinya telah dilengkapi dengan electrick starter dengan kick starter untuk mengaktifkan mesin motor. Fungsi kick starter sebagai cadangan bila electrick stater dalam keadaan tidak berfungsi.

Namun, biasanya pengguna hampir jarang menggunakan kick starter untuk menyalakan motor. Karena penggunaan kick starter motor matic memang cukup repot.

Motor harus di standar dua dulu karena posisinya ada di sebelah kiri. Tidak seperti motor Sport atau bebek yang bisa langsung sam duduk diatas jok.

Apakah penting menggunakan kick starter? Ada saat-saat tertentu dimana Anda menyalakan motor menggunakan kick starter. Misalnya saat pagi hari atau setelah motor lama tidak dinyalakan.

Karena dengan menggunakan kick starter, hal tersebut akan membuat oli yang sudah lama mengendap menjadi langsung bersirkulasi. Selain itu, menghemat penggunaan listrik di motor sehingga tidak membebani aki.

Kick starter biasanya identik dengan saat darurat dimana motor tidak bisa nyala karena aki soak. Namun bila kick starter ternyata macet jangan dipaksain. Wajar bila keras dan seret bila lama tak dipakai. Karena per stopper pemegang penghubung gir slah dan gir primer mulai dihinggapi karat.

Begitu kick starter digunakan dan fungsi per stopper sebagai rel juga pemegang gir penghubung malah nggak jalan. Hasilnya, batang kick starter yang juga didukung pegas spiral justru Tak mau balik lagi.

Untuk mengembalikan kondisinya ke posisi semula dan bisa normal baiknya dicek dengan membongkar blok CVT. Debu dibersihkan dengan kuas dan angin kompresor, per stopper dan alur gir penghubung diolesi gemuk alias grease.

Walaupun rutin menggunakan kick starter, tetap harus dirawat dan dicek berkala, lakukan perawatan setiap 8.000 km. Lepas cover CVT lalu lepaskan gigi pengungkit dengan cara menarik dan menggerak-gerakan kick starter ke bawah.

Berikut cara melakukan kick starter yang benar
:

Pakailan kick starter beberapa kali tanpa menghidupkan kunci kontak. Hal ini untuk membiarkan oli menyebar sempurna melumasi mesin.

Tarik tuas Choke yang umumnya ada di sebelah kiri stang untuk menutup celah udara dan mensuplai bensin dengan kuantitas yang lebih banyak agar mesin cepat hidup.

Setelah beberapa waktu mesin hidup, tarik kembali tuas Choke ke posisi minim agar campuran bensin dan udara kembali normal sesuai setelan.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7616 seconds (0.1#10.140)