Angkatan Laut AS Masih Gunakan Software Jadul

Kamis, 23 Juli 2015 - 14:52 WIB
Angkatan Laut AS Masih Gunakan Software Jadul
Angkatan Laut AS Masih Gunakan Software Jadul
A A A
SAN FRANCISCO - Negara secanggih Amerika Serikat (AS) ternyata masih menggunakan software yang berusia lawas (jadul). Angkatan Laut AS masih menggunakan Windows XP yang sudah berusia 14 tahun.

Dikutip dari Kctv5, Kamis (23/7/2015), Windows XP sendiri sebetulnya telah berakhir lebih dari setahun lalu. Dimana Microsoft memutuskan menyudahi dukungan untuk sistem operasi komputer dan dikenakan biaya pajak jutaan dolar.

Pihak Angkat Laut menyatakan, semua itu akibat sejumlah komputer dengan program perangkat lunak yang sudah usang. Akibatnya, Departemen Pertahanan membayar Microsoft, produsen Windows, USD9 juta atau sekitar Rp119,88 miliar per tahun.

Pembayaran ini untuk melanjutkan pembaruan program semua perangkat di kapal yang digunakan Angkatan Laut. Pembayaran itu juga ditujukan untuk antisipasi pengetatan dari usaha pembobolan yang dilakukan para hacker.

Angkatan Laut awalnya menetapkan batas waktu hingga 30 April untuk meng-upgrade komputer. Sayang, sejumlah PC di kapal dan kapal selam masih belum siap untuk diganti.

Microsoft pertama kali merilis Windows XP pada 2001, dan sistem operasi terbarunya Windows 10 akan keluar bulan depan.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4665 seconds (0.1#10.140)