Peralatan Wajib Digunakan Pengguna Motor Sebelum Mudik

Rabu, 01 Juli 2015 - 17:25 WIB
Peralatan Wajib Digunakan...
Peralatan Wajib Digunakan Pengguna Motor Sebelum Mudik
A A A
Bagi Anda yang akan melakukan mudik tentunya harus melakukan persiapan mulai sekarang. Apalagi Anda yang mudik menggunakan sepeda motor, banyak persiapan yang harus dilakukan.

Kondisi sepeda motor tentunya harus prima, lakukan ganti oli mesin bila perjalanan Anda cukup jauh. Agar kondisi tetap aman. Selain persiapan motor persiapan fisik dan mental juga harus oke.

Karena hal ini berbeda dengan melakukan perjalanan biasa. Saat musim mudik kondisi jalan akan sangat padat, belum lagi bila terjadi pengalihan jalan yang Anda belum tahu sebelumnya.

Selain hal diatas, ada beberapa peralatan penunjang yang wajib dipersiapkan. Bagi yang hobi touring, hal ini tidak asing. Namun tidak salah kita replay ulang peralatan tersebut, agar terhindar dari sesuatu yang tidak di inginkan.

Helm
Perangkat utama berkendara sepeda motor untuk melindungi kepala saat terjadi benturan keras. Pilihlah helm yang ringan di kepala namum mempunyai kualitas bagus.

Pilih kaca helm yang bening, atau pelangi asal yang tidak gelap sekali, ini berguna saat cuaca hujan deras dan malam hari. Jangan gunakan kaca helm yang sudah banyak goresan, karena bisa mengganggu pandangan.

Masker
Panjangnya perjalanan dengan melewati berbagai kondisi jalan keberadaan masker sangat penting. Melindungi pengendara dari asap dan bau ketika berkendara.

Menggunakan sleyer sebagai pengganti masker tidak disarankan, kecuali terbuat dari material yang baik dan tidak mengganggu pernafasan. Masker disarankan menutup hidung dan leher, karena menahan leher dari angin

Kaos Tangan
Material ini membantu pengendara dalam urusan handle kendaraan. Licinnya stang kemudi bisa di atasi dengan Kaos tangan. Gunakan kaos tangan yang tidak terkalu kaku bahannya. Bahan dari semi kulit sangat disarankan.

Jaket
Pilihlah jaket yang pas untuk ukuran badan, tidak terlalu longgar dan ketat. Jaket kulit sangat disarankan, karena lebih tahan untuk melindungi dari benturan.

Jaket dari bahan kain perlu memperhatikan ketebalan dan bahan. Jaket yang baik adalah jaket yang menutupi badan pengendara, termasuk lengan dan leher. Bila perlu, bisa memilih jaket yang waterproof.

Sepatu dan Kaos Kaki
Sangat disarankan, ketika hendak mudik memakai sepatu dan kaos kaki. Selain nyaman, pengendara akan terlindungi ketika terjadi benturan keras.

Tas bagpack dan Traveling
Disarankan bila banyak membawa barang gunakan jasa kurir. Bagpack disarankan sebagai tempat menaruh barang yang penting ketika perjalanan. Ketika harus menggunakan tas traveling, usahakan terikat kencang dan tidak mudah jatuh.

Perhatikan juga tali tas, jangan sampai terurai resiko masuk ke dalam roda atau rantai. Apabila memakai motor matic, silahkan di taruh di depan. Untuk motor type cub boleh di depan, dengan di ikat yang kencang dan tidak boleh melebihi tinggi stang kemudi. Bisa juga membawa Travel Pouches untuk menyiman barang yang sering dipakai semisal air dan dompet.

Raincoat atau jashujan
Untuk memudahkan pergerakan dan handling kendaraan ketika hujan lebat, pilihlah raincoat yang modelnya baju. Untuk model jubah tidak disarankan. Cek kembali keadaan raincoat, apakah masih bisa melindungi dari hujan atau sudah bocor.

Memilih raincoat tidak hanya pas ukuran saja, pilih warna yang cerah akan memudahkan pengendara lain memperhatikan laju kendaraan kita, dan membuat lebih waspada.

Rain Bagpack Cover

Untuk melindungi bagpack ketika hujan, pilihlah rain bagpack cover sesuai dengan ukuran tas. Menggunakan tas plastik kresek tidak di anjurkan, walaupun dapat menahan derasnya hujan, namun tidak efektif menahan masuknya air ke dalam tas.

Tali Karet
Pakailah karet untuk mengikat bagpack atau tas traveling yang kita bawa. Tali rafia dan sejenisnya sangat tidak disarankan. Pada kondisi naik, getaran dan bergerak tali rafia mudah kendor. Yang paling aman dengan memakai tali karet yang bisa menyesuaikan bentuk tas yang di ikat.

Jam Tangan
Pakailah jam tangan untuk melihat berapa waktu yang sudah kita tempuh. Secara normal, berkendara setiap 2 jam diharuskan istirahat sebentar. Badan manusia relatif capek dengan berkendara selama itu.

Dengan memakai jam tangan, kita bisa mengatur kapan melaju dan istirahat. Walaupun sudah ada Handphone, tidak disarankan untuk melihat ketika kendaraan melaju kencang, baik pengendara ataupun pembonceng.

Semoga perjalan mudik Anda menyenangkan dan bisa berkumpul keluarga di kampung halaman.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)