Tiga Hal Penyebab Ban Motor Cepat Tipis

Rabu, 24 Juni 2015 - 11:26 WIB
Tiga Hal Penyebab Ban Motor Cepat Tipis
Tiga Hal Penyebab Ban Motor Cepat Tipis
A A A
MUNGKIN tak menjadi perhatian utama bagi pemilik motor beberapa hal yang membuat bancepat tipis. Padahal kondisi ban sangat mempengaruhi performa, kenyamanan dan keselamatan pengendara.

Jangan sampai menggunakan ban yang sudah tipis untuk perjalanan jauh karena ini membahayakan. Selain licin dalam kondisi hujan, kualitas cengkraman ban tidak maksimal.

Bila ban sudah hampir tak nampak guratan alurnya, sudah waktunya harus diganti dengan ban baru. Tapi ada juga yang belum lama mengganti ban namun alur ban sudah tipis. Ini biasanya tanpa kita sadari telah melakukan hal yang dianggap sepele perilaku kita memperlakukan motor. Berikut beberapa hal yang menyebabkan ban cepat tipis.

Sering membawa beban berat

Membawa beban berat bisa menjadikan guratan ban cepat tipis. Itu karena tekanan ban ke aspal menjadi lebih kuat. Maka gesekan yang ditimbulkan antara ban dan aspal pun semakin intensif. Bila tertalu sering dilakukan hal diatas maka ban akan cepat tipis.

Sebagai informasi, setiap jenis ban sudah dicantumkan bobot maksimal, yang bisa ditopangnya untuk menjaga performa ban. Perhatikan di load index, yang tercantum pada dinding ban.

Parkir Motor dengan Standar samping
Melakukan parkir motor dengan kondisi standar miring merupakan indikator cepatnya ban menjadi tipis. Kok bisa? Standar samping, justru membuat beban yang disangga shock tidak seimbang. Mengakibatkan motor yang dikendarai, ban samping kiri cepat aus akibat tekanan yang lebih besar pada salah satu shock. Kalau bisa hindari hal ini.

Ban Jarang di cuci
Setiap hari kendaraan melintasi berbagai kondisi jalan, ban menjadi kotor. Tidak menutup kemungkinan ban melintasi berbagai zat kimia di jalanan. Hal ini berpotensi membuat karet akan cepat getas. Sebaiknya lakukan pembersian ban secara rutin cukup dengan sikat dan air saja.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0989 seconds (0.1#10.140)
pixels