Jangan Charge Gadget Anda Semalaman

Minggu, 31 Mei 2015 - 21:56 WIB
Jangan Charge Gadget Anda Semalaman
Jangan Charge Gadget Anda Semalaman
A A A
SELAMA ini banyak pengguna gadget salah pengertian. Saat pengguna smartphone atau lainnya telah seharian menggunakan perangkatnya, dimalam hari akan melakukan men-charge hingga ditinggal tidur.

Mereka berharap, saat pagi terisi penuh dan siap digunakan kembali. Namun, cara itu keliru karena tidak semua perangkat gadget dilengkapi dengan sistem yang memutuskan arus pengisian ketika telah terisi penuh.

Sebagai informasi, perangkat gadget yang terbaru biasanya telah dilengkapi dengan sistem yang bisa memutus arus listrik ketika baterai sudah terisi penuh. Cara kerjanya sederhana, baterai yang sudah penuh akan ‘idle‘, sampai kabel charger dicabut.

Namun sistem ini juga ada kekurangannya, ketika daya baterai berkurang karena tetap dipakai menangkap sinyal, update, idle dan lain-lain, setelah sekian persen, misalnya saat baterai mencapai 95% maka arus listrik diterima lagi untuk mengisi baterai sampai penuh kembali dan kejadian ini akan terus berulang.

Kebanyakan dari gadget menggunakan baterai jenis lithium-ion atau lithium-polymer. Sebaiknya kita harus memperhatikan waktu siklus atau di beberapa perangkat disebut dengan charge cycle.

Yang dimaksud dengan charge cycle adalah proses charge dan stop men-charge sebuah baterai isi ulang. Charge cycle sering digunakan untuk menentukan umur baterai. Semakin tinggi angka waktu siklus maka kapasitas baterai akan menurun. Contohnya, ketika baterai sudah melewati 1000 cycle.

Selain menimbulkan dampak pada baterai, melakukan charge baterai semalaman juga membahayakan. Karena bila arus yang masuk berlebihan akan menimbulkan panas yang dapat merusak perangkat, bahkan bisa meledak.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9424 seconds (0.1#10.140)