Remaja 17 Tahun Permudah Apple Watch Bagi Tunarungu

Jum'at, 15 Mei 2015 - 11:33 WIB
Remaja 17 Tahun Permudah...
Remaja 17 Tahun Permudah Apple Watch Bagi Tunarungu
A A A
POLANDIA - Seorang remaja asal Polandia (17), Mateusz Mach kini tengah menjadi hot topik. Pasalnya, remaja satu ini berhasil membuat aplikasi yang dapat mempermudah penggunaan Apple Watch bagi pengguna tunarungu.

Dikutip dari BusinessInsider, Jumat (15/5/2015), tidak seperti remaja lainnya, Mach memutuskan mengembangkan aplikasi bisnis. Setelah memakan waktu pengerjaan selama enam bulan, ia berhasil merilis Five, sebuah aplikasi messaging yang dapat digunakan untuk Android, iPhone dan Apple Watch. Pengguna dapat saling menukarkan berbagai bahasa isyarat satu sama lain.

Aplikasi ini membuatnya menjadi lebih cepat, mudah dan menyenangkan. Menurut Mach, teman-temannya dapat menggunakan aplikasi ini untuk saling bercerita dengan menggunakan terjemahan dari bahasa isyarat tangan.

Bahkan, pengguna dapat mengirimkan berbagai isyarat melalui Facebook Messenger. "Ini lebih cepat dari mengetik," kata Mach.

Bersama timnya, Mach menghabiskan enam bulan terakhir untuk mengerjakan Five. Mereka memperoleh dana dari para investor lokal yang telah mengetahui pekerjaan mereka sebelumnya.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk Apple Watch. Penggunaan bahasa isyarat tangan akan lebih mudah dimengerti. Mach mengatakan, tunarungu benar-benar terbantu dalam berkomunikasi dengan cepat.

Untuk itu, Mach menyatukan apa yang ada dalam International Sign Language (ISL) ke dalam aplikasi Five, terutama dalam pemilihan kata-kata yang kerap digunakan. Jika hal ini berhasil, maka Mach akan memasukkan secara lengkap apa yang ada di dalm ISL pada aplikasi Five.

Rencananya, Mach akan bersiap-siap memperkenalkan Five kepada para pelanggan dan investor di Bitspiration Festival mendatang di Krakow, Polandia.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)