Enam Tips Merawat PC Premium

Selasa, 12 Mei 2015 - 06:15 WIB
Enam Tips Merawat PC Premium
Enam Tips Merawat PC Premium
A A A
PRODUKTIVITAS tidak selalu segaris dengan pikiran Anda, bahwa memiliki komputer pribadi atau PC (private computer) premium yang canggih dan mahal tidak perlu perawatan. Jika Anda tidak menjaganya justru akan menjadi masalah.

Mengambil sedikit waktu untuk membuat beberapa perubahan pada PC dapat menjaga produktivitas perangkat Anda. Membeli mesin canggih, dengan melakukan perawatan secara berkala tidak hanya dapat membantu produktivitas tapi menghemat uang.

Dilansir dari laman Tech Radar, ada enam tips agar PC mahal Anda awet dan bekerja maksimal sepanjang waktu:

1. Bersihkan file


Membersihkan startup dan file-file secara teratur adalah kunci untuk memastikan komputer Anda tidak mengalami gangguan.

Terus terang salah satu hal yang paling menjengkelkan pada PC manapun adalah proses startup yang membutuhkan waktu lebih lama dari yang seharusnya. Itu adalah sesuatu yang banyak pemilik PC premium abaikan. Padahal, sangat mudah memperbaiki proses startup yang lama.

Pertama dan terpenting, pastikan bahwa setiap kali Anda menginstal sebuah program melalui proses instalasi hati-hati dengan membaca dan mengikuti setiap langkah. Hampir setiap bagian dari perangkat lunak akan menanyakan apakah Anda ingin memulai ketika komputer dinyalakan. Menghindari pilihan ini merupakan cara termudah mencegah startup bermasalah.

2. Restart PC secara teratur

Hemat energi dengan pengaturan PC memungkinkan tagihan listrik Anda lebih murah. Tapi, apa mereka tidak menyalakan mesin mereka dalam keadaan off. Fakta bahwa ketika layar berbunyi pengguna tertipu dan berpikir seluruh sistem sudah dimatikan.

Hal ini kadang-kadang dapat menyebabkan situasi di mana mesin menyala selama beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan tanpa restart. Hal ini membuat PC menjadi cepat kurang produktif.

Hadirnya PC Windows 8 lebih sedikit menarik listrik dalam mode sleep, dan ini telah disempurnakan dalam Windows 10. Sementara premium PC tua yang menjalankan Windows 7 atau sebelumnya masih menarik listrik dalam mode sleep, menjadikan komponen cepat usang.

Sebab itu, siapapun yang memiliki PC premium yang lebih tua, disarankan untuk me-restart komputer laptop atau desktop setiap hari. Jika tidak, Anda mungkin menemukan masalah dengan produktivitas.

3. Update, update dan upadate

Sebagian besar PC Microsoft dengan OS Windows 10 akan menjadi sistem yang meng-update terus setiap program. Hal ini akan membuat lebih mudah dari seri sebelumnya untuk memastikan sistem Anda benar-benar up to date.

Update Microsoft akan datang secara otomatis melalui fasilitas Windows Update, masih bijaksana untuk melakukan update reguler pada setiap bagian dari perangkat lunak PC premium, untuk mencegah tergelincir ke jalur lambat.

Ini biasanya cukup mudah dengan mengikuti petunjuk pembaruan yang mau tidak mau akan muncul ketika sebuah software siap untuk refresh, atau menggunakan opsi update built-in di sebagian besar program.

Driver hardware daerah lain yang harus disimpan memungkinkan tingkat produktivitas terbaik untuk dipertahankan, dan ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan men-download program spesialis yang memiliki kewenangan mengidentifikasi setiap driver pada sistem Anda dan memberitahu Anda pembaruan dengan segera.

Metode lainnya adalah untuk mencari driver sendiri. Meskipun ini memakan waktu lebih lama daripada menggunakan program, sering ada custom-made alternatif di luar sana yang membawa tingkat yang lebih tinggi dari kekuatan dan kecepatan mesin Anda.

4. Jangan gunakan laptop di permukaan lembut

Desktop PC premium menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan laptop lain. Salah satunya kipas yang biasanya diposisikan jauh dari permukaan lembut atau berbulu sehingga mesin berjalan pada suhu optimum setiap saat.

Ini berarti Anda dapat menggunakannya di atas meja atau angkutan umum, namun tidak disarankan menggunakannya pada permukaan lembut, seperti tempat tidur atau sofa.

Menggunakan PC di permukaan seperti ini 100% akan menyebabkan laptop Anda mudah panas dan jika dilakukan dalam untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada PC Anda.

Jika Anda ingin beristirahat ingat hanya menyimpan PC di permukaan yang datar atau membeli beberapa jenis alas atau bahan yang memiliki ventilasi udara.

5. Simpan data Anda menggunakan cloud

Menjaga ruang bebas pada PC premium Anda adalah salah satu cara untuk memastikan perangkat berjalan pada tingkat yang diharapkan. Cloud alias layanan berbasis komputasi awan membantu menjaga data setiap orang.

Ketika PC Anda penuh dengan file yang hanya digunakan sekali sebaiknya simpan dalam file cloud, tidak hanya murah tapi juga merupakan cara mudah mengakses konten di manapun Anda berada.

Saat datang dalam produktivitas, menggunakan cloud menambah dimensi lain. Fakta bahwa pekerja yang tersebar di berbagai lokasi dapat menggunakan layanan, seperti Google Docs, Evernote atau Office 365, untuk bekerja pada dokumen yang sama dan kemudian menyimpan perubahan.

Menggunakan cloud adalah cara yang bagus untuk membackup semua data Anda ke lokasi yang selalu ada, dan bisa menghindari 'kehilangan' data fisik, seperti hard disk drive atau USB eksternal.

6. Bersihkan mesin secara teratur

Tidak ada yang suka debu atau partikel kecil apapun pada setiap perangkat. Kinerja PC premium sebagai contohnya bisa teranggu akibat debu. Ini berarti salah satu investasi terbaik adalah membersihkan PC dengan membuang semua partikel radikal yang dapat mengurangi aliran udara yang menyebabkan perangkat terlalu panas.

Ini sederhana, tapi jika Anda tidak melakukannya secara rutin dapat menyebabkan PC berumur pendek alias cepat rusak.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3806 seconds (0.1#10.140)