Hati-Hati, Link Download Game The Last of Us Part II Berisi Malware Berbahaya!

Sabtu, 14 Januari 2023 - 20:00 WIB
loading...
Hati-Hati, Link Download Game The Last of Us Part II Berisi Malware Berbahaya!
Penjahat dunia maya menawarkan link unduhan The Last of Us Part II yang sebenarnya belum diumumkan untuk rilis di PC. Foto: Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Serial The Last of Us yang diadopsi dari judul game di PlayStation baru saja tayang di saluran streaming HBO pada 15 Januari 2023 besok.

Ternyata, hal ini dimanfaatkan oleh penjahat dunia maya untuk melakukan penipuan. Modusnya, mereka menawarkan unduhan game The Last of Us untuk komputer pribadi (PC) yang berisi malware berbahaya.

Fakta lainnya, versi The Last of Us untuk PC sebenarnya belum dirilis secara resmi. Sebab, bagian pertama dari game ini baru dijadwalkan akan dirilis untuk PC pada Maret 2023 mendatang.

Peneliti Kaspersky menemukan situs yang menawarkan untuk mengunduh The Last of Us Part II di PC.

Pengguna yang tidak sadar bahwa versi game ini belum tersedia untuk PC akan mengunduhnya. Padahal, berisi file berbahaya yang bersembunyi di komputer tanpa terdeteksi selama bertahun-tahun.

Untuk mengunduh file, pengguna diminta memilih salah satu “hadiah” yang akan mereka terima bersama dengan game tersebut. Misalnya, mendapatkan Gift Card PlayStation 5 atau Roblox.

Namun, mereka disuruh memasukkan kredensial dan data rekening bank untuk membayar biaya komisi. Dengan memberikan data kepada penjahat dunia maya, uang pengguna akan dicuri tanpa tersisa, sementara data pribadi mereka nantinya akan digunakan dalam skema penipuan lainnya.

BACA JUGA: Ahli Ungkap Malware Godfather Mampu Bobol Mobile Banking dengan Mudah

Untuk menghindari menjadi korban program berbahaya dan penipuan berikut rekomendasinya:

• Hindari tautan yang menjanjikan penayangan awal film atau serial TV.

• Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi dan hanya gunakan halaman web resmi tepercaya untuk menonton atau mengunduh film. Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan.

• Perhatikan ekstensi file yang Anda unduh. File video tidak akan pernah memiliki ekstensi.exeatau.msi.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3832 seconds (11.210#12.26)