5 Kebiasaan Digital yang Harus Dilakukan di Awal 2023

Sabtu, 07 Januari 2023 - 16:23 WIB
loading...
5 Kebiasaan Digital yang Harus Dilakukan di Awal 2023
Kebiasaan-kebiasaan digital yang sehat akan menciptakan lingkungan digital yang sehat sepanjang 2023. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Awal Januari 2023 jadi waktu yang tepat untuk mulai menerapkan kebiasaan digital yang sehat. Sama seperti mulai rajin ke gym atau berolahraga. Harapannya, kebiasaan-kebiasaan digital ini terus dilakukan selama setahun penuh. Sehingga, lingkungan digital kita akan selalu sehat.

Nah, berikut adalah daftar kebiasaan digital sehat sederhana untuk memperkuat keamanan data pribadi yang dirancang oleh Kaspersky:

1. Tahun Baru, kata sandi baru!
Sekarang saatnya memeriksa dan mengubah kata sandi di semua akun. Kuncinya, jangan gunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun.

2. Berlangganan notifikasi kebocoran data akun
Jika detail akun Anda bocor, penyerang dapat menggunakannya untuk mengambil alih akun. Di tahun baru, Anda bisa berlangganan layanan yang memiliki kemampuan memindai kebocoran data sekaligus mengetahui apakah pelanggaran tersebut berisi data pribadi Anda.

3. Mulai melirik VPN
VPN sekarang harus dimiliki siapa saja yang ingin tetap aman dan terlindungi privasinya saat online. VPN saat ini mudah digunakan, memberikan kecepatan lalu lintas tinggi, dan menjaga kerahasiaan data pribadi.

VPN juga memungkinkan berbelanja online dengan aman, menonton layanan streaming dari mana saja, atau mengakses konten lokal. Layanan VPN modern juga memberikan kecepatan online tinggi dan memungkinkan pengguna menonton konten bahkan dalam 4K tanpa penurunan kualitas atau penundaan.

Selain itu, VPN juga menyembunyikan alamat IP Anda dari situs web dan pengiklan, memberikan privasi lebih baik.

4. Unggah dokumen penting ke cloud
Pindaian dan versi elektronik dokumen sekarang digunakan sesering aslinya dalam bentuk kertas. Lalu, bagaimana cara menyimpan versi elektronik agar tetap aman dan tidak jatuh ke tangan yang salah? Buatlah folder di komputer Anda atau mengunggahnya ke cloud yang dilindungi kata sandi.

5. Pelajari kegiatan anak di internet
Anak-anak memiliki perangkat digital di tangan mereka sejak usia dini. Agar jalur anak ke dunia digital aman dan tetap menarik, penting untuk mengajarkan dan berbagi dengan mereka aturan keamanan online sejak masa kanak-kanak.



Agar sesi berbagi lebih menyenangkan dan menarik, orang tua dapat menggunakan permainan dan format hiburan lainnya.

Kiat lain untuk Tahun Baru adalah mendalami preferensi dan minat online anak-anak Anda. Misalnya, orang tua dapat bertanya tentang serial favorit, atau mendengarkan trek musik bersama sehingga Anda berdua dapat mempelajari beberapa praktik aman agar tetap amansaatonline.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2744 seconds (0.1#10.140)