Efek Ronaldo, Follower Instagram Al-Nassr Kini Kalahkan Ajax, As Roma, dan Inter Milan

Kamis, 05 Januari 2023 - 10:34 WIB
loading...
Efek Ronaldo, Follower Instagram Al-Nassr Kini Kalahkan Ajax, As Roma, dan Inter Milan
Cristiano Ronaldo saat ini menjadi pemain dengan gaji terbesar sepanjang tahun setelah bergabung dengan Al-Nassr. Foto/DOK Al-Nassr.
A A A
JAKARTA - Cristiano Ronaldo langsung memberikan efek besar buat Al-Nassr di jagad maya. Akun Instagram Al-Nassr kini memiliki pengikut yang sangat besar dan terus bertambah.

Jumlah pengikut Al-Nassr di Instagram hingga berita ini diturunkan mencapai 9,4 juta orang. Angka itu jauh lebih besar dibandingkan klub sepak bola dari berbagai liga sepak bola papan atas dunia seperti Ajax, Inter Milan, Boca Junir, Fenerbahce, Leicester City, River Plate, AS Roma, hingga Napoli.

"Al-Nassar awalnya hanya punya 500.000 pengikut sebelum kehadiran Cristiano Ronaldo. Sejak dia hadir, pengikut akun Al-Nassr terus bertambah 8,6 juta lebih dalam waktu kurang dari seminggu," tulis ESPN FC.

Kehadiran Cristiano Ronaldo memang jadi fenomena menarik buat Al-Nassr. Prosesi pengenalan Cristiano Ronaldo sebagai pemain Al-Nassr di stadion Mrsool membuat situs resmi Al-Nassr langsung anjlok atau down. Pasalnya situs tersebut melakukan live streaming acara spesial tersebut.



Efek Ronaldo, Follower Instagram Al-Nassr Kini Kalahkan Ajax, As Roma, dan Inter Milan


Efek Cristiano Ronaldo mau tidak mau memang masih sanga tinggi. Pesepakbola berpaspor Portugal itu memiliki engagement yang sangat tinggi.

Marco Bellinazzo, penulis buku The End of Italian Football pernah mengatakan bahwa efek Cristiano Ronaldo itu tidak terbantahkan. Faktanya semua data terlihat dengan telanjang.



Efek Ronaldo, Follower Instagram Al-Nassr Kini Kalahkan Ajax, As Roma, dan Inter Milan


Hanya saja menurutnya ada beberapa klub yang tidak bisa memaksimalkan potensi itu sebagai keuntungan. Dia mencontohkan Juvengtus yang justru tidak maksimal mengkapitalisasi potensi CR7.

"Catatannya adalah dengan mengontrak Ronaldo, Juve justru tidak boleh berpangku tangan memaksimalkan kondisi yang ada. Mereka bahkan harus terus menang agar potensi ini jadi lebih besar," terang Marco Bellinazo.

Setidaknya pesan Marco Bellinazzo memang bisa jadi catatan rumah buat Al-Nassr. Mereka tidak hanya boleh berbangga hati dengan mendapatkan banyak pengikut baru di dunia maya. Mereka juga harus menjelma jadi klub yang sangat disegani di Asia. Bukan hanya di Arab Saudi saja.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3146 seconds (0.1#10.140)