Daftar Smartphone yang Tak Bisa Gunakan WhatsApp pada 2023

Kamis, 29 Desember 2022 - 08:02 WIB
loading...
Daftar Smartphone yang Tak Bisa Gunakan WhatsApp pada 2023
WhatsApp umumkan daftar beberapa handphone yang tak akan bisa lagi mendapatkan layanan chat dari WA. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - WhatsApp mengumumkan akan mencabut layanannya pada sejumlah tipe smartphone lawas. Keputusan berlaku mulai tahun 2023.



Penghentian pembaruan ini lazim bagi sebuah pembuat aplikasi. Mereka biasanya tidak lagi memberikan pembaruan untuk sistem operasi ponsel lama yang sudah jarang digunakan konsumen.

"Pembaruan pada aplikasi perlu dilakukan untuk mengimbangi perkembangan teknologi dan keamanan," ungkap Meta seperti dilansir dari The Verge, Kamis (29/1/2022).

Melalui laman FAQ-nya, WhatsApp mensyaratkan spesifikasi minimal sistem operasi supaya ponsel dapat menjalankan WhatsApp. Setidaknya ponsel harus memiliki sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean dan iOS 12.

Ponsel juga harus bisa menerima SMS atau panggilan lantaran WhatsApp punya mekanisme mengirimkan kode verifikasi melalui salah satu dari dua cara itu.

Berkat penghentian pembaruan ini, ada puluhan ponsel yang sudah tidak bisa lagi digunakan untuk berkirim pesan melalui WhatsApp per 31 Desember.

Ponsel-ponsel pintar jadul itu keluaran sekira 10 tahun lalu. Sudah cukup tua untuk usia ponsel pintar yang terus-menerus mengalami perkembangan pesat.

Untuk ponsel keluaran iPhone, WhatsApp sudah lagi tidak bisa digunakan pada iPhone 5 dan 5c. Pembaruan terakhir dua ponsel ini mentok di iOS 10.

Untuk ponsel Android, WhatsApp tidak bisa dipakai di ponsel Huawei Ascend D, Ascend D1, Ascend D2, Ascend G740, Ascend Mate, Ascend P1 dan Ascend D quad XL. Aplikasi ini juga tidak mendukung untuk digunakan di Lenovo A820.

Untuk ponsel keluaran Samsung, WhatsApp tamat digunakan di Galaxy Ace 2, Galaxy Core, Galaxy S2, Galaxy S3 mini, Galaxy Trend II, Galaxy Trend Lite dan Galaxy Xcover 2.

Ponsel LG keluaran lama juga tidak bisa untuk berkirim pesan WhatsApp. Jumlahnya sekira 20 tipe. Antara lain LG Enact, Lucid 2, Optimus 4X HD, Optimus F3, Optimus F3Q, Optimus F5, Optimus F6, Optimus F7, Optimus L2 II dan Optimus L3 II.

Selain tipe itu, terdapat pula LG Optimus L3 II Dual, Optimus L4 II Dual, Optimus L5, Optimus L5 Dual, Optimus L5 II, Optimus L7, Optimus L7 II, Optimus L7 II Dual dan Optimus Nitro HD. Semuanya sudah layak dipensiunkan.

Ponsel keluaran Sony yang tak bisa lagi menggunakan WhatsApp antara lain Xperia Arc S, Xperia miro, Xperia Neo L, Wiko Cink FIve dan Wiko Darknight ZT.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)