Popularitas Mastodon Meledak, Pengguna Aktif Mencapai 2,5 Juta

Selasa, 20 Desember 2022 - 19:51 WIB
loading...
Popularitas Mastodon Meledak, Pengguna Aktif Mencapai 2,5 Juta
Popularitas platform media sosial terdesentralisasi Mastodon semakin meledak. Foto/cnet
A A A
WASHINGTON - Popularitas platform media sosial terdesentralisasi Mastodon semakin meledak. Pendiri dan pengembang utama Marodon, Eugen Rochko, basis pengguna Mastodon melonjak dari 300.000 pengguna aktif bulanan menjadi 2,5 juta antara bulan Oktober dan November 2022.

Rochko mengatakan bahwa perangkat lunak sumber terbuka dan gratis Mastodon memungkinkan siapa saja untuk menjalankan platform media sosial sepenuhnya. Pengguna dapat membangun infrastruktur sendiri dan di bawah kendali mereka sendiri.

“Di Mastodon, kami percaya bahwa tidak harus ada perantara antara Anda dan audiens Anda. Jurnalis dan lembaga pemerintah khususnya tidak harus bergantung pada platform pribadi untuk menjangkau publik,” katanya dikutip SINDOnews dari laman neowin, Selasa (20/12/2022).



Rochko juga menyinggung soal larangan berbagi tautan ke Mastodon. Pekan lalu, akun Twitter Mastodon ditangguhkan setelah membagikan tautan ke akun Mastodon @ElonJet yang baru terdaftar.

Bersamaan dengan itu, akun Twitter dari beberapa jurnalis yang dituduh Elon Musk memposting "lokasi real-time yang tepat" juga ditangguhkan. Mastodon bahkan menerima laporan yang mengatakan bahwa pengguna tidak dapat men-tweet tautan ke server Mastodon mana pun, termasuk yang tidak terkait dengan akun @ElonJet.

“Ini adalah pengingat yang jelas bahwa platform terpusat dapat memaksakan batasan yang sewenang-wenang dan tidak adil pada apa yang bisa dan tidak bisa Anda katakan sambil menyandera grafik sosial Anda," kata Rochko.

Mastodon bukan satu-satunya platform media sosial yang mengalami pertumbuhan besar-besaran. Menurut perusahaan intelijen pemasaran SensorTower, Tumblr baru-baru ini mengalami lonjakan sebesar 96% di AS dan 77% di seluruh dunia.



Hive juga mencapai satu juta pengguna sekitar sebulan yang lalu. Untuk itu, Rochko mengaku optimistis dengan masa depan Mastodon.

“Memahami bahwa kebebasan pers sangat penting untuk demokrasi yang fungsional, kami sangat senang melihat Mastodon tumbuh dan menjadi nama rumah tangga di ruang redaksi di seluruh dunia,” ujarnya.

Rochko mengatakan bahwa dia dan timnya berkomitmen untuk meningkatkan perangkat lunak Mastodon untuk menghadapi tantangan dengan pertumbuhan yang cepat dan permintaan yang meningkat.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)