Review Amazfit GTS 4, Nggak Kalah dengan Apple Watch dengan Harga Lebih Murah

Senin, 12 Desember 2022 - 18:50 WIB
loading...
Review Amazfit GTS 4, Nggak Kalah dengan Apple Watch dengan Harga Lebih Murah
Layar Amazfit GTS 4 besar dan tajam, memiliki tali velcro, dan fitur yang beragam. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Meski tidak sepopuler Samsung, Huawei, realme, atau Xiaomi, Amazfit berani membanderol smartwatch terbaru GTS 4 dengan harga premium. Yakni, Rp 2.799.000. Kok Bisa?

Nama Amazfit mungkin hanya dikenal sebagian orang. Terutama yang memang suka dengan produk-produk wearable. Padahal sebenarnya Amazfit sudah cukup lama masuk ke Indonesia dengan portofolio produk cukup beragam.

Karena itu pula, SINDONews memaklumi mengapa Amazfit berani melabeli produk mereka dengan harga cukup tinggi. Alasannya, karena mereka cukup percaya diri bahwa produk mereka memang berkualitas dan layak.

Jika tidak, bagaimana lagi cara meyakinkan konsumen untuk membeli produk dengan harga “lumayan” sementara brand/mereknya masih kalah populer dengan pemain besar lainnya?

Apalagi, konsumen di 2022 ini sudah semakin “picky” atau pemilih. Mereka tahu benar kualitas sebuah produk wearable, yang bisa dilihat tidak hanya dari sisi hardware (bahan, desain, chipset, dan fitur) tapi juga dukungan software/aplikasi yang memadai.

Dibandingkan dengan Apple Watch
Sejak awal merilis smartwach, memang banyak yang membandingkan Amazfit dengan Apple Watch. Termasuk, di GTS 4 ini.

Mungkin, itu bisa dilihat dari bentuknya yang kotak (42,7 x 36,5 x 9,9 mm) serta crown atau tombol di sisi kanan yang bisa diputar dan sepintas mirip Apple Watch.

Layar Amazfit GTS 4 besar dan tajam. Yakni AMOLED 1,75 inci beresolusi 341 ppi, sasis 42mm, dan berat 27 gram. Sementara tali/strapnya berukuran 20 mm.

Untuk opsi warna ada 4, yakni Infinity Black, Foggy White, Autumn Brown, dan Rosebud Pink.

Ada dua pilihan tali strap tersedia. Model karet biasa dan velcro. Model velcro ini ternyata nyaman sekali dipakai. Lebih ringan, nyaman di pergelangan
tangan, dan lebih mudah dilepas pasang.

Minusnya, bahan ini akan basah dan tidak mudah kering jika digunakan untuk berenang atau mandi.

Build quality Amazfit GTS 4 juga bagus sekali. Terasa mewah dan premium. Pin magnet ada di bagian bawah (untuk charging) beserta sensor-sensor. Speakernya pun kencang dan jernih.

Amazfit GTS 4 juga mengantongi sertifikat tahan air 5 ATM (50 meter) selama 10 menit.

Layarnya jernih dan terang. Ketika digunakan di bawah sinar matahari yang terik sekalipun. Ini penting untuk mereka yang hobi bersepeda, lari, atau aktivitas luar ruangan.

UI-nya sederhana, dan mulus sekali saat digunakan. Navigasi fitur di layar, baik lewat sentuhan ataupun tombol putar juga cepat dan responsif.

Aplikasi Zepp
Mereka yang pernah memakai produk wearable Amazfit pasti tidak asing dengan aplikasi Zepp. Zepp sama dengan Samsung Health, Huawei Wear, atau Mi Fitness.

Aplikasi tersebut berguna untuk menghubungkan HP ke perangkat, memberikan tampilan/informasi visual dari aktivitas fisik yang telah dilakukan, hingga untuk menambah fitur di smartwatch.

Zepp termasuk aplikasi yang sangat solid dan kaya fitur. Anda, misalnya bisa melihat langkah, riwayat tidur, detak jantung, hingga mengganti tampilan jam.
Bahkan, ada 14 aplikasi mini termasuk 2 game, serta aplikasi pihak ketiga Home Connect dan GoPro yang bisa dipakai.

150 Pilihan Olah Raga
Review Amazfit GTS 4, Nggak Kalah dengan Apple Watch dengan Harga Lebih Murah

SINDONews sudah mencoba Amazfit GTS 4 untuk beragam aktivitas olah raga: berjalan, berlari, bersepeda, golf, bahkan kegiatan seperti motorcross pun bisa direkam.

Total, ada 150 mode latihan yang bisa dipilih. Termasuk yang paling lengkap dibanding smartwatch lainnya. Kita juga bisa menyorot olah raga mana saja yang sering dipakai di menu utama.

Antena GPS Amazfit GTS 4 juga akurat dalam melacak langkah kaki dan otomatis akan memulai menghitung olah raga ketika misalnya kita berjalan kaki secara konstan atau bersepada. Meski, kadang tidak keliru membedakan naik motor dengan bersepeda.

Baterai Tahan Lama
Daya tahan baterai 300 mAh Amazfit GTS 4 terbilang sangat baik. Pemakaian setiap orang bisa berbeda, tergantung seberapa sering dipakai dan fitur apa saja yang digunakan. Tapi, dengan penggunaan aktif smartwatch tersebut masih bisa bertahan hingga 4-5 hari.

Dukungan Alexa
Pengguna bisa memakai perintah suara di Amazfit GTS 4. Sayangnya, hanya terbatas pada Alexa saja. Bukan Google Assistant. Syaratnya, arloji pintar ini harus terhubung ke smartphone. Fitur ini tidak banyak dipakai oleh SINDONews.

Perhitungan PAI
Jika ada yang membeli smartwatch agar lebih semangat berolahraga, itu nyata. Sebab, dengan smartwatch Anda bisa melacak berbagai informasi soal kebugaran tubuh. Mulai pemantauan 24 jam detak jantung, saturasi oksigen darah dan stres, serta pengukuran laju pernapasan.

Juga, fitur unik seperti PAI atau Kecerdasan Aktivitas Pribadi. PAI di Amazfit ini adalah algoritma untuk menghitung nilai aktivitas harian Anda. Ini tergantung pada usia hingga jenis kelamin pengguna, serta berapa aktivitas yang dilakukan.

Tujuan PAI agar Anda mencapai 100-125. Dan ini bisa memacu atau memotivitasi untuk lebih banyak berolahraga. Semudah-mudahnya berjalan kaki jarak tertentu dalam sehari. Saat ini, PAI SINDONews baru 35. Artinya, masih butuh lebih banyak olah raga.



Kesimpulan
Memang alasan membeli smartwatch beragam. Merek, ekosistem yang sama dengan HP yang dimiliki, fitur, hingga desain adalah sejumlah parameter yang dipakai konsumen sebelum membeli.

Yang jelas, Amazfit GTS 4 yang dibanderol Rp2,7 juta memang tidak murah. Banyak smartwatch dengan merek lebih terkenal yang lebih murah.

Tapi, fitur, kualitas, desain, serta material yang ditawarkan oleh Amazfit GTS 4 sangat mumpuni. Yang bahkan lebih baik dibanding kompetitornya.
Sehingga memakai jam tangan ini terasa nyaman dan tanpa keluhan, terlepas Anda memakai HP Samsung, Xiaomi, Oppo,ataulainnya.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)
pixels