Timpang Banget, Jumlah Gamer Perempuan di Turnamen Esports Cuma 1 Persen

Kamis, 08 Desember 2022 - 20:37 WIB
loading...
A A A
Misalnya UniPin Ladies Series dan pertandingan Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB), PlayerUnknown’s BattleGrounds (PUBG) Mobile, Free Fire, dan Valorant khusus untuk perempuan.

Timpang Banget, Jumlah Gamer Perempuan di Turnamen Esports Cuma 1 Persen

Pemain esports profesional Audrey FF sempat membagikan pengalamannya menjadi sasaran perundungan. Dampaknya bahkan sampai memengaruhi kesehatan mentalnya. Sehingga ia harus menjalani sesi terapi dan pengobatan.

“Di luar unsur kesengajaan, banyak juga yang tidak menyadari bahwa perbuatan mereka melukai orang lain akibat nilai-nilai yang telah terinternalisasi. Diperlukan sosialisasi dan edukasi yang lebih luas agar semakin banyak orang yang mengetahui jenis-jenis perilaku yang toksik,” tutur Audrey.

Debora optimistis semakin banyak putri-putri esports yang akan bersinar kedepannya. Dan tidak hanya jadi pemain, tapi juga profesional lain di industri, seperti caster, influencer, maupun brand ambassador.

“Moderasi komunitas terhadap praktik-praktik seperti diskriminasi dan pelecehan, secara verbal dan dengan niat ‘membuat lelucon’ sekalipun, adalah kunci dalam menghadirkan suasana yang aman dan nyaman tersebut,”ujarDebora.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3028 seconds (0.1#10.140)