Timpang Banget, Jumlah Gamer Perempuan di Turnamen Esports Cuma 1 Persen

Kamis, 08 Desember 2022 - 20:37 WIB
loading...
Timpang Banget, Jumlah Gamer Perempuan di Turnamen Esports Cuma 1 Persen
Jadi sasaran pelecehan hingga perundungan, alasan gamer perempuan di Turnament Esports sedikit. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Memang jumlah kreator gaming perempuan di YouTube atau Facebook sudah sangat mudah ditemukan. Namun, ternyata gamer perempuan yang benar-benar berlaga di ajang esports profesional jumlahnya sangat amat sedikit.

Padahal, cabang olahraga esports mengklaim menyediakan kesempatan yang sama bagi perempuan dan laki-laki untuk bersaing dengan imbang.
Faktanya, kurang dari 5 persen perempuan bersedia untuk terjun ke industri esports.

Bahkan, di turnamen-turnamen besar, kurang dari 1 persen pemain yang ikut berlaga adalah perempuan.

Tapi, mengapa ini terjadi? Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Hubungan Masyarakat PB ESI sekaligus SVP Community UniPin Debora Immanuella mengatakan, ada beberapa penyebab kaum hawa tidak banyak ditemui di ajang esports profesional.

”Minimnya representasi dan komunitas yang inklusif, serta maraknya praktik diskriminasi baik secara sadar maupun tidak sadar disebut sebagai beberapa faktor penghambat yang utama,” ungkap Debora dalam talk show “Women in Esports” yang diselenggarakan Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) di sela-sela Indonesia Esports Summit dan International Esports Federation (IESF) World Esports Championships belum lama ini.

Ia menyerukan agar semangat gender equity dan inklusivitas menjadi pilar utama dari ekosistem esports demi menciptakan rasa aman dan nyaman.

Sehingga, semakin banyak pemain perempuan yang berpartisipasi.



“Konsep gender equity merupakan pengakuan terhadap kebutuhan dan kemampuan para gamer perempuan yang berbeda dari laki-laki. Selama ini, ketimpangan gender dan dukungan dari komunitas yang belum optimal merupakan isu-isu kritikal yang mencegah lebih banyak perempuan untuk mencapai potensinya di bidang esports,” ujar Debora.

Sebenarnya sudah ada beberapa program yang ditujukan untuk mendorong kaum perempuan terlibat di esports.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3358 seconds (0.1#10.140)