Perbedaan PS5 Edisi Digital dan Edisi Reguler

Jum'at, 25 November 2022 - 10:36 WIB
loading...
Perbedaan PS5 Edisi Digital dan Edisi Reguler
Perbedaan PS5 edisi digital dan edisi reguler penting untuk dipahami. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Perbedaan PS5 edisi digital dan edisi reguler wajib dipahami oleh mereka yang ingin meminang konsol game yang sedang viral tersebut. Faktanya, Sony memang merilis 2 versi PlayStation 5 (PS5) sekaligus. Yakni, versi reguler/standar dan versi digital.

Dibandingkan versi reguler, PS5 versi digital memiliki harga yang lebih murah. Namun, spesifikasinya tetap sama. Nah, agar tidak salah pilih, berikut perbedaan antara PS5 versi digital dan reguler:

Desain
Dari sisi desain, baik PS5 versi reguler dan digital sama-sama hadir dalam casing putih dengan pencahayaan biru yang sangat modern. Tingginya juga sama persis, yakni 390 mm.

Nah, bedanya ada pada ketebalan. PS5 versi reguler memiliki desain lebih tebal, yakni mencapai 104 mm. Sebabnya, karena ada Bluray disk drive untuk memasukan slot disk.

Adapun PS5 Digital Edition tidak dilengkapi Bluray disk drive. Sehingga, ketebalannya hanya 92 mm saja. Dari depan, perbedaannya cukup terasa. Apalagi, ketika diletakkan di ruang keluarga. Jelas PS5 versi digital tidak akan makan banyak tempat saat diletakkan horizontal ataupun vertikal.

Spesifikasi
Perbedaan PS5 Edisi Digital dan Edisi Reguler

PS5 edisi reguler (kiri) sedikit lebih gemuk dibandingkan edisi digital (kanan). Foto: ist

Spesifikasi PS5 edisi digital dan edisi reguler sama persis. Jadi, tidak perlu khawatir jika membeli PS5 versi digital tidak akan kehilangan performa. Kedua jenis PS5 mengusung prosesor octa core AMD Zen 2 dengan kecepatan mencapai 3.5 GHz. Keduanya juga telah dilengkapi kapasitas RAM 16 GB dan SSD 825 GB.

Game konsol tersebut memiliki tingkat kecepatan 5.5GB per detik saat digunakan bermain game. Untuk grafisnya, PS5 menggunakan RDNA 2 dengan 36 Compute Units (CU) dan daya komputasinya 1.84 Teraflops.

Tujuan
PS5 versi reguler cocok bagi mereka yang terbiasa mengoleksi banyak CD game dari PS4. Membeli PS5 dalam versi reguler merupakan pilihan terbaik. Di satu sisi, PS5 versi reguler ini juga bisa lebih hemat dalam jangka panjang.

Mengapa? Karena game di Bluray Disk bisa dijual lagi di market place saat kita bosan. Misalnya saja CD Game God of War Ragnarook yang barunya dibeli Rp950 ribu, nanti bisa dijual lagi Rp700 ribuan. Anggap saja selisihnya sebagai biaya “sewa” gamenya.

BACA JUGA: 10 Fitur Baru di Sistem Operasi One UI 5 Milik Samsung

Atau, Anda juga bisa membeli game-game seken yang harganya lebih terjangkau. Kelebihan PS5 versi reguler tidak perlu mengunduh gamenya di konsol.

Sebaliknya, PS5 edisi digital cocok bagi mereka yang tidak ingin ribet. Yang memiliki internet supercepat, dan memang berinvestasi di aset digital. Keduanya memiliki plus dan minus, tergantung dari tujuan dan karakter pengguna.

Saat ini PS5 Edisi Digital dengan 2 stik ditawarkan Rp11 juta di marketplace. Sedangkan PS5 reguler dengan 2 stik ditawarkan Rp11,9 juta. Bedanya tidakterlalujauh.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1412 seconds (10.55#12.26)