9 Perbedaan Fitur WhatsApp Business dengan yang Biasa

Selasa, 22 November 2022 - 14:52 WIB
loading...
9 Perbedaan Fitur WhatsApp Business dengan yang Biasa
Perbedaan Fitur WhatsApp Business dengan yang Biasa. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - 9 perbedaan fitur WhatsApp Business dengan yang biasa jadi pertayaan menarik untuk dijabarkan.



WhatsApp Business biasa digunakan oleh orang-orang yang memiliki bisnis dan ingin menjajakannya secara online.

Sekilas, fitur WhatsApp Business terlihat lebih unggul dari WhatsApp biasa, karena bisa memiliki semua fitur WhatsApp biasa, dan memiliki beberapa fitur tambahan.

Namun ternyata terdapat beberapa perbedaan dari WhatsApp Business dan WhatsApp biasa.

Apa saja perbedaannya? 9 Berikut perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp biasa.

1. Profil

Pada halaman profil WhatsApp biasa, hanya ditampilkan foto profil, nama pengguna, nomor telepon, dan info pengguna.

Sedangkan dalam fitur WhatsApp Business, ditampilkan pula produk dan layanan bisnis yang Anda tawarkan, seperti business categories, business hours, business adress, catalog, dan link untuk menuju halaman website produkmu.

2. Greeting Messages

Greeting Messages merupakan fitur yang menyediakan pesan pembuka jika pelanggan baru pertama kali mengirimkan pesan pada Anda. Tentunya fitur ini hanya ada pada WhatsApp Business.

3. Quick Reply

WhatsApp Business dilengkapi dengan fitur quick reply, sedangkan WhatsApp biasa tidak. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat pintasan untuk pesan yang sering Anda kirimkan kepada pelanggan. Quick reply juga dapat mencakup pesan gambar dan video. Jumlah maksimum penyimpanan quick reply WhatsApp Business adalah 50.

4. Chat Labels

Fitur ini dibuat untuk memudahkan para pebisnis untuk membalas pesan pelanggan, dengan menetapkan label berbeda pada tiap obrolan. Pengguna dapat membedakan warna tiap obrolan, sehingga obrolan dengan pelanggan tetap terkontrol.

5. Automatic Reply

Automatic reply merupakan fitur yang dapat menjawab pesan dari pelanggan secara otomatis. Biasanya menampilkan harga produk, foto produk, dan sebagainya. Apabila tidak dapat dijawab oleh pesan otomatis, biasanya diteruskan pada customer service.

6. Away Messages

Away messages merupakan fitur yang ada di WhatsApp Business dan tidak ada pada WhatsApp biasa. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merespon pesan pelanggan apabila bisnis sedang tutup atau pengguna tidak sedang stand by pada pesan.

7. Statistik Pesan

Pada WhatsApp Business, pengguna diberikan fitur untuk membuat laporan pesan secara rinci. Pada laporan ini, pengguna dapat menganalisis lewat metrik aplikasi.

Statistik pesan berisi jumlah pesan yang dikirim, dibaca, dan diterima. Fitur ini berguna untuk menganalisis kinerja akun bisnis Anda. Sedangkan pada WhatsApp biasa, statistiknya sangat terbatas.

8. Keamanan Data

Sebenarnya, antara WhatsApp Business dan WhatsApp biasa, keduanya sama-sama memiliki keamanan enkripsi end-to-end.

Namun pada WhatsApp Business, pengguna bisa mengumpulkan informasi pelanggan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman belanja para pelanggan.

9. Shortlink

Pada WhatsApp Business, pengguna diberikan pengalaman untuk membuat shortlink dari pengaturan akun mereka. Shortlink ini dapat dibagikan pada pelanggan untuk memulai percakapan dengan calon pelanggan.

Sedangkan pada WhatsApp biasa, fitur ini tidak tersedia.

MG/Sekar Rahmadiana Ihsan
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3168 seconds (0.1#10.140)