Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop, Mana yang Terbaik?

Jum'at, 07 Januari 2022 - 08:35 WIB
loading...
Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop, Mana yang Terbaik?
Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop cukup banyak, masing-masing memiliki plus dan minusnya. Foto: AndroidCentral
A A A
JAKARTA - WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop sebenarnya memiliki tujuan yang sama. Menjalankan aplikasi WhatsApp di komputer atau laptop. Tapi, mana yang lebih baik dan nyaman digunakan?

Cara Menggunakan
Cara menggunakan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop berbeda. Untuk memakai WhatsApp Desktop, harus mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp di komputer atau laptop (Windows atau MacOS). Tepatnya di link ini: https://www.whatsapp.com/download/ .

Prosesnya sama seperti menginstal WhatsApp di smartphone. Artinya, pengguna membuka WhatsApp standalone (terpisah) di perangkat komputer/laptop.



WhatsApp Web tidak perlu mengunduh apapun. Cukup memakai peramban web Google Chrome, Mozilla Firefox, hingga Opera.
Pengguna hanya perlu masuk dan log in ke alamat https://web.whatsapp.com/.

Perbedaan Fitur dan Tampilan
Dari sisi tampilan, WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop terlihat sama persis. Perbedaannya hanya ada di tombol pintasan atau shortcut saja.

Lalu, WhatsApp Web hanya ada di jendela browser. Bisa merepotkan jika pengguna membuka banyak jendela sekaligus. Atau, bahkan tertutup karena tidak sengaja.

Sebaliknya, WhatsApp Desktop karena sifatnya standalone (berbentuk aplikasi), jadi lebih mudah di akses.

Pilih WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop?
Masing-masing optimal digunakan sesuai kebutuhan. Jika Anda perlu mengakses WhatsApp di komputer kantor yang dipakai bersama-sama, lebih baik menggunakan WhatsApp Web.

WhatsApp Web juga lebih ringan dan tidak memberatkan laptop. Ini penting jika spesifikasi laptop Anda terbatas, dan merasakan lag atau lemot. Sebab, WhatsApp cukup besar mengonsumsi memori.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3414 seconds (10.55#12.26)