Mengenal Mastodon, Platform Media Sosial Alternatif Pengganti Twitter

Rabu, 16 November 2022 - 10:47 WIB
loading...
Mengenal Mastodon, Platform Media Sosial Alternatif Pengganti Twitter
Mastodon adalah platform media sosial sedang menjadi pembicaraan banyak orang sebagai alternatif pengganti Twitter. Foto/Digitaltrends
A A A
SAN FRANSISCO - Mastodon adalah platform media sosial sedang menjadi pembicaraan banyak orang sebagai alternatif pengganti Twitter . Mastodon telah mendapatkan cukup banyak perhatian dan mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak Twitter dibeli Elon Musk.

Mastodon menjadi sangat menonjol dalam satu tahun terakhir, meskipun sudah ada lebih lama dari itu. Platform microblogging berusia enam tahun pertama kali diluncurkan pada 2016 oleh pengembang Eugen Rochko.

Meskipun memiliki kesamaan dengan Twitter, latar belakang Mastodon dirancang karena frustrasi dengan kekurangan Twitter. Banyak fitur utama Mastodon dapat dilihat sebagai upaya untuk memperbaiki (atau menghindari) masalah tertentu yang menurut Rochko sedang dihadapi Twitter.



Hasilnya adalah platform microblogging baru yang tidak dimiliki oleh satu perusahaan. Sebagai gantinya merupakan jaringan server gabungan yang masing-masing dijalankan dan dimoderasi oleh anggota server tersebut.

Dikutip dari laman digitaltrends, Rabu (16/11/2022), Mastodon menyebut dirinya "media sosial terdesentralisasi." Intinya, Mastodon tidak dimiliki oleh satu perusahaan seperti halnya Twitter. Mastodon adalah platform media sosial yang terdiri dari server yang dijalankan secara independent, dikenal sebagai "instance".

Jadi anggotanya masih dapat berkomunikasi dengan anggota dari instance yang berbeda. Saat pertama kali mendaftar ke Mastodon, Anda diharapkan untuk bergabung dengan salah satu contoh ini.

Setelah Anda memilih salah satu untuk bergabung, saat itulah Anda akan disajikan proses pembuatan aplikasi/akun. Setiap instance memiliki seperangkat aturannya sendiri dan banyak di antaranya berfokus pada minat tertentu.


Mengenal Mastodon, Platform Media Sosial Alternatif Pengganti Twitter


Jadi, Anda ingin memastikan bahwa minat dan aturan tersebut selaras dengan minat Anda. Tapi jangan khawatir, Anda dapat memindahkan akun Anda ke instans lain jika Anda menemukan yang lebih cocok di tempat lain.

Setelah Anda membuat akun di sebuah instans dan mengonfirmasi alamat email, Anda akan masuk ke Mastodon. Jika menggunakan aplikasi web, Anda akan disajikan dengan beranda tiga kolomnya tempat Anda dapat menelusuri lainnya posting pengguna dan buat sendiri. Posting ini dapat berupa gambar, polling, teks, video, dan/atau audio.

Setelah membuat akun melalui instans pilihan, Anda akan melihat beranda yang dibagi menjadi tiga kolom. Dari kiri ke kanan, Anda akan melihat kolom pencarian dan pembuatan postingan, kolom garis waktu, dan kolom menu utama.

Ketika datang ke antarmuka Mastodon, ada banyak hal yang terjadi, dan sebaiknya uraikan dengan beberapa fitur yang mungkin akan Anda temui dan/atau paling sering Anda gunakan. Pertama adalah Toot dan boost.



Sebuah posting di Mastodon dikenal sebagai "toot." Sebuah "dorongan" adalah berbagi ulang toot, dan setara dengan retweet atau reblog. Ikon dorongan juga menyerupai ikon retweet di Twitter, dua panah menunjuk ke arah ekor satu sama lain.
Mengenal Mastodon, Platform Media Sosial Alternatif Pengganti Twitter


Kedua adalah favorit dan balasan. Jika Anda menyukai postingan, itu dikenal sebagai "Favorit" dan Anda dapat memilih ikon bintang untuk melakukannya. Jika Anda ingin membalas toot, Anda akan memilih ikon balasan yang terlihat seperti panah penunjuk ke kiri.

Ketiga adalah Bookmark. Seperti, Twitter Anda juga dapat mem-bookmark posting untuk melihatnya nanti di bagian Bookmark terpisah. Anda dapat menandai toot dengan memilih ikon pita.

Selanjutnya, ada timelines, pesan langsung (Direct Messages), mengeksplorasi (Explore), Tab Hastag, dan Tab Postingan. Ada juga Bagian Berita untuk menampilkan berita yang sedang tren dan tautan langsung ke sana.

Tidak ada biaya untuk menggunakan Mastodon alias gratis. Beberapa pengecualian adalah, jika Anda memilih untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga berbayar untuk mengaksesnya. Anda dapat mengakses Mastodon melalui aplikasi webnya di browser web, melalui aplikasi selulernya untuk Android dan iOS, atau melalui beragam aplikasi pihak ketiga gratis dan berbayar.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)