Mengenal Mastodon, Platform Media Sosial Alternatif Pengganti Twitter

Rabu, 16 November 2022 - 10:47 WIB
loading...
Mengenal Mastodon, Platform Media Sosial Alternatif Pengganti Twitter
Mastodon adalah platform media sosial sedang menjadi pembicaraan banyak orang sebagai alternatif pengganti Twitter. Foto/Digitaltrends
A A A
SAN FRANSISCO - Mastodon adalah platform media sosial sedang menjadi pembicaraan banyak orang sebagai alternatif pengganti Twitter . Mastodon telah mendapatkan cukup banyak perhatian dan mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak Twitter dibeli Elon Musk.

Mastodon menjadi sangat menonjol dalam satu tahun terakhir, meskipun sudah ada lebih lama dari itu. Platform microblogging berusia enam tahun pertama kali diluncurkan pada 2016 oleh pengembang Eugen Rochko.

Meskipun memiliki kesamaan dengan Twitter, latar belakang Mastodon dirancang karena frustrasi dengan kekurangan Twitter. Banyak fitur utama Mastodon dapat dilihat sebagai upaya untuk memperbaiki (atau menghindari) masalah tertentu yang menurut Rochko sedang dihadapi Twitter.

Baca juga; Platform Media Sosial Mastodon Gaet 300.000 Pengguna Baru yang Pindah dari Twitter

Hasilnya adalah platform microblogging baru yang tidak dimiliki oleh satu perusahaan. Sebagai gantinya merupakan jaringan server gabungan yang masing-masing dijalankan dan dimoderasi oleh anggota server tersebut.

Dikutip dari laman digitaltrends, Rabu (16/11/2022), Mastodon menyebut dirinya "media sosial terdesentralisasi." Intinya, Mastodon tidak dimiliki oleh satu perusahaan seperti halnya Twitter. Mastodon adalah platform media sosial yang terdiri dari server yang dijalankan secara independent, dikenal sebagai "instance".

Jadi anggotanya masih dapat berkomunikasi dengan anggota dari instance yang berbeda. Saat pertama kali mendaftar ke Mastodon, Anda diharapkan untuk bergabung dengan salah satu contoh ini.

Setelah Anda memilih salah satu untuk bergabung, saat itulah Anda akan disajikan proses pembuatan aplikasi/akun. Setiap instance memiliki seperangkat aturannya sendiri dan banyak di antaranya berfokus pada minat tertentu.

Baca juga; Jengah dengan Twitter? Ini Cara Mudah Menonaktifkan Akun Twitter
Mengenal Mastodon, Platform Media Sosial Alternatif Pengganti Twitter


Jadi, Anda ingin memastikan bahwa minat dan aturan tersebut selaras dengan minat Anda. Tapi jangan khawatir, Anda dapat memindahkan akun Anda ke instans lain jika Anda menemukan yang lebih cocok di tempat lain.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2250 seconds (11.97#12.26)