Cara Meningkatkan Skill Digital untuk Menarik Perhatian Lewat Platform Teknologi

Selasa, 08 November 2022 - 15:20 WIB
loading...
Cara Meningkatkan Skill Digital untuk Menarik Perhatian Lewat Platform Teknologi
Perkembangan teknologi digital di Indonesia berkembang begitu cepat dan menyasar segala bidang . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Pengguna media digital saat ini bisa berasal dari semua kalangan dan siapapun yang memiliki perangkat digital bisa memiliki akun media digital. Media digital menjadi favorit bagi semua kalangan untuk mencari hiburan dan informasi.

Media digital saat ini sangat mudah digunakan dan menyediakan berbagai fitur seperti media hiburan, informasi, sarana komunikasi bahkan fitur untuk berbisnis. Semua pengguna bebas berkarya dan membuat konten sesuai dengan hobi dan minat kemudian disebarluaskan di berbagai platform digital yang digunakan.



Founder Belajarlagi.id Muhammad Faiz Ghifari mengatakan hal paling penting agar bisa sukses menjalankan bisnis adalah paham akan marketing.

“Promosikan bisnis kita dengan strategi marketing mix. Ada empat langkahnya, pertama memperkenalkan produk apa yang akan kita jual dan promosikan di berbagai platform media. Langkah selanjutnya adalah pemilihan lokasi usaha yang strategis dan terakhir tentukan harga yang sesuai dengan produk dan tidak memberatkan calon pembeli”, jelasnya saat webinar Membangun Usaha Bisnis Online Selasa (08/11/2022).

Content Creator dari Pandu Digital Indonesia Ayu Minarti mengajak pengguna agar bisa memulai dan memanfaatkan fitur bisnis online di media sosial.

''Kita harus meningkatkan skill digital dengan mengetahui tentang segala fitur yang disediakan oleh platform digital, selanjutnya pahami fitur-fitur aplikasi tersebut dan perangkat digital yang digunakan. Selanjutnya gunakan dengan bijak aplikasi yang kita unduh”, katanya.

Ayu juga mengajak pengguna ruang digital untuk memanfaatkan berbagai inovasi usaha masa kini untuk memulai bisnis. “Saat ini kita bisa memanfaatkan media sosial untuk berbisnis dengan menawarkan produk dan jasa kita. Tawarkan jasa seperti marketing atau iklan melalui sosial media yang kita miliki dan selanjutnya bisa dengan memulai penjualan atau pemasaran produk kita lewat lokapasar atau e-commerce”, jelasnya

Entrepreneur & Founder of Nuril Media Nuril Baskan menghimbau pengguna yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berbisnis agar berhati-hati agar terhindar dari berbagai tindak kejahatan. “Tingkatkan keamanan akan data dan rekening Bank yang kita gunakan untuk bisnis online. Jangan sampai kita terkena penipuan, pencurian data, investasi fiktif dan orderan palsu”, terangnya.

Dosen Komunikasi London School of Public Relations yang juga konten kreator Okky Alparessi menjelaskan komunikasi sangatlah penting di ruang digital.

“Kita harus paham dengan siapa kita berkomunikasi, dimana kita menyampaikan pesan dan kapan pesan atau presentasi tersebut kita sampaikan. Selanjutnya pahami apa tujuan pesan yang kita sampaikan dan bagaimana cara kita dalam berkomunikasi”, katanya

Lebih lanjut Okky mengatakan hal ini sangat penting untuk dipahami jika kita ingin berbisnis online. “Jika ingin promosi dan bisnis online bisa berhasil menarik minat calon pembeli maka kita harus mampu menerapkan komunikasi yang baik dalam berinteraksi di ruang digital”, jelasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2363 seconds (0.1#10.140)