Ruwetnya Tangkap Siaran TV Digital, Beli STB Malah Tidak Berguna

Minggu, 06 November 2022 - 08:49 WIB
loading...
Ruwetnya Tangkap Siaran TV Digital, Beli STB Malah Tidak Berguna
Beli STB untuk menangkap siaran televisi digital ternyata tetap membutuhkan perangkat lainnya. Foto/Screenshoot TikTok.
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) membuat masyarakat jadi ribet dan ruwet. Ada yang sudah beli Set Top Box (STB) justru tetap tak bisa tangkap siaran digital.

Hal itu dirasakan oleh pemilik akun TikTok, @ekabella281. Lewat unggahannya dia bercerita mengenai pengalamannya setelah membeli STB. Perangkat khusus itu dia beli agar televisi di rumahnya bisa menangkap siaran digital.

"Giliran beli Set Box, malah gak dapat siaran. Harus pakai antena digital juga," tulisnya.

Dia melanjutkan agar benar-benar bisa menonton televisi lagi akhirnya dia membeli antena baru. Hal itu menurutnya sangat tidak praktis dan ruwet. Pasalnya ada banyak hal yang ternyata sangat menyulitkan masyarakat dalam menyesuaikan pelaksanaan kebijakan ASO.



"Ini mah bukan bantu rakyat. Tapi nyusahin rakyat," tulisnya lagi.

Sebelumnya Kementerian Kominfo memang telah sejak awal menginfokan bahwa era siaran TV digital tetap membutuhkan antena sebagai penangkap atau penghubung sinyal antara pemancar dan perangkat televisi.

Antena tetap dibutuhkan meski televisi yang dimiliki masyarakat adalah televisi yang membutuhkan konverter atau Set Top Box atau televisi yang sudah digital dengan fitur standar DVB-T2 di dalamnya.



Tapi, yang ditemukan pada praktiknya, sejak ASO berlaku penuh di Jabodetabek, antena yang sama saat digunakan untuk menangkap siaran analog bisa memberi hasil berbeda saat berlaku siaran digital. Selain kemampuan antena yang digunakan, ini karena faktor kualitas sinyal yang dipancarkan si pemilik siaran ataupun yang dapat diterima di antena.

Jarak antena televisi terhadap stasiun pemancar juga berpengaruh. Termasuk halangan gedung-gedung, pohon-pohon yang tinggi dan bukit atau gunung yang ada di sekitar rumah.

Ini yang menjawab kenapa antena jenis yang sama, yang tidak bisa menangkap siaran digital dengan baik di Serpong, misalnya, akan berlaku berbeda jika digunakan di Jakarta.

Dengan kondisi itu, seperti halnya yang berlaku saat siaran analog, antena luar ruangan akan selalu memberikan hasil lebih baik daripada penggunaan antena dalam ruangan. Antena TV indoor cukup bila sinyal TV Digital terdeteksi cukup kuat di lokasi.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5034 seconds (0.1#10.140)