Lebih dari 25 Juta Orang Indonesia Nonton YouTube dari Layar Televisi

Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:21 WIB
loading...
Lebih dari 25 Juta Orang Indonesia Nonton YouTube dari Layar Televisi
Data YouTube terbaru menunjukkan 80% orang dewasa di kota-kota terbesar menonton YouTube di Connected TV. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara menonton masyarakat Indonesia saat ini jauh berubah dibandingkan 10 tahun lalu. Survei terbaru menyebut bahwa 25 juta orang Indonesia menonton tayangan streaming YouTube di TV mereka pada 2022.

Dalam acara marketing tahunan Brandcast 2022, YouTube mengumumkan bahwa 80% orang dewasa di kota-kota terbesar menonton YouTube di televisi mereka di rumah. Ini fenomena yang disebut “Connected TV” .

Apa saja yang ditonton? Tiga vertikal konten teratas yang biasa disaksikan adalah musik, hiburan, serta video tentang kesehatan fisik dan mental.

Bahkan, 87% pemilik smart TV menonton YouTube di Connected TV, dan hal ini telah mengubah cara orang Indonesia mendefinisikan TV. Sekira 74% responden survei mengatakan bahwa YouTube adalah TV ketika mereka menyaksikannya di layar televisi.

YouTube juga mengungkap sejak YouTube Shorts diluncurkan pada 2021, channel yang mengunggah video Shorts dan video berdurasi panjang mengalami peningkatan waktu tonton dan pertumbuhan subscriber secara keseluruhan, dibanding channel yang hanya mengupload video berdurasi panjang saja.

Lebih dari 25 Juta Orang Indonesia Nonton YouTube dari Layar Televisi

Connected TV atau smart TV yang semakin terjangkau dan luasnya penetrasi internet kabel memicu masyarakat untuk menonton streaming di TV. Foto: ist

Menurut laporan Culture and Trends YouTube 2022, 59% konsumen Gen Z menggunakan YouTube Shorts untuk menemukan konten video yang mereka sukai dalam format yang berdurasi lebih panjang. “Mulai live streaming konser, video Shorts yang seru, hingga menonton Connected TV bersama keluarga dan teman, YouTube adalah satu-satunya platform cocok dengan begitu banyak kebutuhan dan suasana hati orang-orang di berbagai kategori, format, dan perangkat sepanjang hari,” kata Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google Indonesia.

Pada Februari 2022, masyarakat Indonesia rata-rata menonton YouTube selama 26,4 jam per bulan di aplikasi Android. Menurut data YouTube, pada Q1 2022, watch-time (year-on-year, atau YoY) tumbuh secara signifikan untuk:

1. Video tim sepak bola Indonesia naik 400% YoY
2. Video renovasi naik 70% YoY
3. Watch-time untuk video Motivasi Kebugaran Wanita naik 100% YoY

Di Indonesia, kini ada lebih dari 1.300 channel yang memiliki lebih dari satu juta subscriber (naik 30% year-on-year dari tahun 2021) dan ada lebih dari 16.200 channel yang memiliki jumlah subscriber lebih dari 100 ribu (naik 35% sejak 2021).



Richard Erfany dari Hobby Makan mengatakan, “setiap brand harus kreatif dalam mengkombinasikan format konten di YouTube. Misalnya social experiment atau challenge untuk menstimulasi audiens agar tertarik mencoba. Kolaborasi brand dan konten kreator juga dapat membantu membangun koneksi yang kuat dengan audiens, selama profil konten kreator seirama dengan intisari sebuah brand sehingga lebih efektifdanefisien.”
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3074 seconds (0.1#10.140)