Hati-hati! 16 Aplikasi Ini Bisa Bikin Baterai Ponsel Sekarat

Minggu, 23 Oktober 2022 - 12:25 WIB
loading...
Hati-hati! 16 Aplikasi Ini Bisa Bikin Baterai Ponsel Sekarat
Sebanyak 16 aplikasi di Google Play Store dicopot karena bisa bikin baterai ponsel terkuras. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Google Play Store akhirnya mencopot 16 aplikasi dalam daftar mereka karena bisa bikin baterai ponsel mudah sekarat. Keenambelas aplikasi tersebut di antaranya adalah High-Speed Camera, Smart Task Manager, Flashlight+, K-Dictionary, BusanBus, Quick Note, Currency Converter, Joycode, EzDica, Instagram Profile Downloader, Candle Protest, Schedule Zero dan Ez Notes. Sisanya adalah aplikasi berbahasa Korea Selatan yakni Memo Calendar, Senter, dan kalkulator.

Menurut McAfee, dikutip dari Ars Technica, seluruh aplikasi tersebut memiliki fungsionalitas yang tinggi mulai dari menyalakan senter, konversi, hingga kalender. Jadi tidak heran jika belasan aplikasi tersebut telah diunduh secara total sebanyak 20 juta kali.

Baca juga : Islam Makhachev, Juara UFC yang Gemar Pamer Kuda dan Motocross Ketimbang Mobil Mewah

Hati-hati! 16 Aplikasi Ini Bisa Bikin Baterai Ponsel Sekarat


Disebutkan McAfee, belasan aplikasi itu bisa menguras baterai ponsel karena cara kerjanya yang melibatkan pihak ketiga. Setelah belasan aplikasi itu terunduh maka aplikasi akan membuka kode dan membuka halaman web tanpa memberi tahu pengguna. Setelah halaman dibuka maka otomatis iklan dan tautan yang ada di halaman itu langsung diklik.

Hal itu menurut McAfee akan terjadi tanpa sepengetahuan pengguna dan menyebabkan pengurasan baterai tambahan dan peningkatan penggunaan jaringan.

Baca juga : Waspada, TikTok Disebut Forbes Jadi Mata-mata China Pantau Warga Amerika

Google disebut Ars Technica memastikan bahwa semua aplikasi telah dihapus dari Play Store. Selain itu Play Protect telah memblokir aplikasi itu dari perangkat pengguna.

Namun, laporan McAfee bahwa aplikasi akan mengunduh kode tambahan setelah aplikasi diinstal, menunjukkan bahwa mereka berhasil melewati perlindungan Google di Play Store. Jadi kesadaran pengguna perlu ditingkatkan sebelum benar-benar terjebak oleh belasan aplikasi tersebut.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2741 seconds (11.210#12.26)