Gampang Hilangkan Chat, Mark Zuckerberg Klaim WhatsApp Lebih Aman Dibanding iMessage

Senin, 17 Oktober 2022 - 22:05 WIB
loading...
Gampang Hilangkan Chat, Mark Zuckerberg Klaim WhatsApp Lebih Aman Dibanding iMessage
Mark Zuckerberg mengklaim WhatsApp (kanan) jauh lebih aman dibanding iMessage buatan Apple. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Pendiri Meta, Mark Zuckerberg mengklaim WhatsApp jauh lebih aman dibanding iMessage yang dimiliki Apple. Lewat akun Instagram @zuck, pria kelahiran 14 Mei 1984 itu menjabarkan beberapa hal yang membuat WhatsApp jauh lebih aman dan privasi dibanding iMessage buatan Apple.

Pertama, WhatsApp memberlakukan enkripsi end-to-end yang dapat digunakan di iPhone dan Android. Sistem ini menjamin bahwa pesan yang dikirim antara dua pihak, tidak dapat diintip oleh peretas yang mencegat jalur komunikasi.

Diketahui jalur komunikasi pesan terenkripsi didukung oleh Transport Layer Security (TLS) yang menghubungkan antara web client dan software web server. Namun, enkripsi biasa saja tidak cukup. Itu sebabnya client software melapisi pesan dengan enkripsi dari ujung ke ujung sebelum dikirim ke web client. Jadi, pesan hanya bisa didekripsi atau dibuka oleh penerima.

"Enkripsi ini berlaku untuk Android dan iPhone dan juga dijalankan di chat group," tulis Mark Zuckerberg.



Gampang Hilangkan Chat, Mark Zuckerberg Klaim WhatsApp Lebih Aman Dibanding iMessage


Kedua, menurut salah satu orang terkaya di dunia itu, pengguna WhatsApp dapat dengan mudah menghapus seluruh pesan baru yang masuk. Cukup menekan satu tombol maka seluruh pesan baru yang masuk bisa menghilang.

Diketahui WhatsApp memang menyediakan pengaturan khusus dimana pengguna bisa menghapus seluruh pesan yang baru masuk. Pengguna tinggal menekan foto profil seseorang dan memilih opsi hapus untuk menghilangkan seluruh komunikasi yang terjadi.

Selain itu WhatsApp juga menyediakan fitur yang membuat pesan dapat hilang secara otomatis dalam periode waktu tertentu. Fitur ini cukup berguna ketika pengguna ingin membagikan informasi sensitif misalnya password akun, file penting hingga rahasia orang lain.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)