Panggilan Palsu, Crash Detection iPhone 14 Salah Deteksi Kecelakaan di Rollercoaster

Senin, 10 Oktober 2022 - 09:30 WIB
loading...
Panggilan Palsu, Crash Detection iPhone 14 Salah Deteksi Kecelakaan di Rollercoaster
Crash Detection iPhone 14 bisa memberikan deteksi palsu kecelakaan saat digunakan di wahana di taman bermain. Foto: dok The Verge
A A A
AMERIKA - Fitur Crash Detection menjadi salah satu andalan iPhone 14. Salah satu fungsinya, untuk keamanan.

Fitur tersebut bisa memperingatkan pihak yang berwajib ketika mendeteksi penggunanya tengah mengalami kecelakaan mobil.

Meski demikian, baru-baru ini terdapat kejadian yang tidak terduga. Yakni panggilan darurat saat di pengguna berada di rollercoaster. Menurut laporan pada The Wall Street Journal, fitur tersebut telah salah mengirim informasi ke aparat kepolisian. Karena fitur itu salah mengira tikungan, belokan, dan pengereman yang mendebarkan di rollercoaster sebagai kondisi darurat yang nyata.

Sebagai informasi, Apple meluncurkan Crash Detection dengan iPhone 14 baru, Watch Apple Serie 8, SE dan Ultra pada bulan lalu.

Crash Detection menggunakan sensor gyroscopic serta akselerometer yang dilatih untuk bisa mendeteksi dampak yang dialami simulasi tabrakan mobil.

Apabila sensor mendeteksi terjadinya kecelakaan, iPhone akan menampilkan peringatan dan memanggil layanan darurat. Ini terjadi ketika pengguna tidak mematikan fitur tersebut dalam 20 detik.

Sensor akan memutar pesan suara yang memberitahu pihak berwajib bahwa pengguna mengalami kecelakaan, dan mengirimkan mereka ke lokasi kejadian.

Sementara untuk Apple Watch dengan Crash Detection, hanya dapat memberi tahu pihak berwenang jika Anda membawa iPhone, atau jika terhubung ke jaringan seluler atau Wi-Fi.

Yang unik, fitur Crash Detection di pengguna iPhone 14 tiba-tiba aktif ketika seorang pengguna sedang menaiki rollercoaster di taman hiburan Kings Island Cinninatti. Ketika panggilan 911 dilakukan, terjadi jeritan pengguna di latar belakang. Padahal, bukan kecelakaan, tapi jeritan ketakutan pengguna yang menaiki roller coaster.



Ternyata, kepolisian setempat telah menerima enam panggilan darurat yang dipicu oleh wahana di tempat tersebut sejak iPhone 14 dirilis. Ternyata juga banyak pengguna lain juga mengalami masalah serupa pada taman hiburan di berbagai belahan dunia.

Panggilan palsu darurat 911 mungkin menjadi pertimbangan untuk tidak membawa iPhone 14 saat menaiki wahana seperti rollercoaster. Atau, bisa mengaktifkan mode pesawat atau menonaktifkan fitur Crash Detection.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2380 seconds (0.1#10.140)