Saham Instragram dan Facebook Anjlok, Meta Siap Pecat 12.000 Karyawan

Minggu, 09 Oktober 2022 - 22:08 WIB
loading...
Saham Instragram dan Facebook Anjlok, Meta Siap Pecat 12.000 Karyawan
PHK massal ini setidaknya akan dimulai dalam beberapa minggu kedepan. Beberapa karyawan yang enggan disebutkan namanya mengatakan PHK massal akan berlangsung secara diam-diam. FOTO/ IST
A A A
CUPERTINO - Saham Raksasa teknologi Meta dikabarkan anjlok dan untuk mensiasati keadaan tersebut Meta akan melakukan PHK massal dalam waktu dekat. Tak tanggung-tanggung, laporan menyebut PHK akan dilancarkan ke 15% total karyawannya, atau sekitar 12.000 karyawan.

BACA JUGA - Kalah Populer, Facebook Tetap Tambahkan Fitur Menarik di Facebook Dating

PHK massal ini setidaknya akan dimulai dalam beberapa minggu kedepan. Beberapa karyawan yang enggan disebutkan namanya mengatakan PHK massal akan berlangsung secara diam-diam.

"Ini mungkin terlihat seperti mereka pindah, tetapi kenyataannya mereka dipaksa keluar," kata salah satu karyawan membocorkan, seperti diketahui dari Business Insider, Minggu (9/10/2022).

Keputusan Meta untuk memangkas jumlah karyawannya disebut karena harga saham perusahaan yang semakin hari kian anjlok, bahkan menyentuh 60%. Keputusan ini diambil lantaran upaya penghentian perekrutan dinilai tidak berhasil.

Pendiri dan CEO Meta Mark Zuckerberg telah menjelaskan bahwa jaringan sosial telah menghentikan perekrutan karyawan di seluruh desk, namun tidak banyak menolong. Sehingga terpaksa harus ada lebih banyak karyawan yang di-PHK.

Menurut laporan, Zuckerberg membuat komentar ini selama panggilan internal kepada karyawan. Zuckerberg menyebutkan selama panggilan pendapatan Meta terakhir bahwa PHK akan dilakukan terus hingga tahun depan.

"Rencana kami adalah untuk terus mengurangi pertumbuhan jumlah karyawan selama tahun depan. Banyak tim akan menyusut sehingga kami dapat mengalihkan energi ke area lain," ungkap salah satu orang terkaya di dunia itu.

Pada bulan Mei, Zuckerberg mengumumkan pembekuan perekrutan yang memengaruhi segmen Meta tertentu. Namun, dia sekarang telah memperluas pembekuan perekrutan di seluruh departemen dan jajaran.

Perusahaan induk Facebook itu, sekarang mengurangi staf untuk memangkas biaya di tengah penurunan ekonomi, tampaknya menempatkan beberapa dari mereka pada daftar 30 hingga 60 hari sisa waktu bekerja sebelum PHK.

Meta memiliki "praktik panjang" di mana karyawan yang perannya dihilangkan akan diberhentikan jika mereka tidak dapat menemukan pekerjaan baru secara internal dalam waktu satu bulan.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1877 seconds (11.210#12.26)