Caplok Fitbit, Dunia Semakin Khawatir Google Melakukan Pengumpulan Data

Minggu, 05 Juli 2020 - 14:03 WIB
loading...
A A A
Google juga menambahkan pasar perangkat yang dapat dikenakan adalah 'cukup ramai' dan akuisisi Fitbit hanya akan meningkatkan persaingan di industri, bukan sebaliknya.

Google Membela Diri
Beberapa media mengatakan, pernyataan ini dapat mencegah regulator antimonopoli untuk menghentikan transaksi. Fitbit dan Google juga bukan pesaing langsung.

Jadi bagian mereka dari pasar wearable tidak cukup untuk membuat regulator antimonopoli percaya transaksi ini membentuk posisi monopoli de facto.

"Akan sangat sulit untuk membawa kasus," kata Pengacara Anti-Monopoli David Balto, yang juga direktur kebijakan di FTC selama persidangan antimonopoli Microsoft. Dia mengatakan kepada Fortune, tidak ada oposisi yang berhasil terhadap merger vertikal seperti ini.

Menurut data dari IDC, pada 2019, pangsa Fitbit dari pasar perangkat wearable kurang dari 5%. Pimpinan industri Pangsa Apple adalah 32%, dan Xiaomi dan Samsung mengambil 12% dan 9% dari pangsa pasar. Tidak satu pun dari perusahaan ini yang menggunakan perangkat lunak Google pada perangkat wearable-nya.

Namun, mengingat posisi Google yang kuat dalam ruang iklan digital, kekhawatiran tentang akses data mungkin lebih meyakinkan. Google mengendalikan 90% pasar dalam hal alat-alat, seperti media yang digunakan untuk menjual iklan bergambar. Hal itu merupakan titik sensitif bagi Google. Departemen Kehakiman AS mendekati akhir penyelidikan antimonopoli terhadap perusahaan terkait dugaan penyalahgunaan dominasi iklannya.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3019 seconds (0.1#10.140)