Tewaskan Ratusan Suporter, Dunia Soroti Teknologi Sistem Keamanan Stadion di Indonesia

Minggu, 02 Oktober 2022 - 11:20 WIB
loading...
Tewaskan Ratusan Suporter, Dunia Soroti Teknologi Sistem Keamanan Stadion di Indonesia
fasilitas sistem keamanan di Stadion Kanjuruhan terbilang tertinggal jika dibandingkan dengan stadion di luar negeri, stadion di Indonesia masih jauh tertinggal. FOTO/ IST
A A A
MALANG - Tewasnya ratusan suporter di Stadion Kanjuran Malang saat laga Arema vs Persebaya Sabtu (1/10/2022) menarik perhatikan dunia. Pasalnya fasilitas sistem keamanan di Stadion Kanjuruhan terbilang tertinggal jika dibandingkan dengan stadion di luar negeri, stadion di Indonesia masih jauh tertinggal.

BACA JUGA - Ratusan Nyawa Melayang di Kerusuhan Kanjuruhan, Netizen Minta Sepak Bola Indonesia Dibubarkan

LaLiga atau sebutan untuk liga spanyol merupakan salah satu liga terbarik di dunia. Selain keindahan permainan sepakbola, ternyata ada berbagai teknologi canggih yang mendukung penyiaran dan sarana untuk pelatih dan klub sepak bola di Spanyol.

Di ajang Mobile World Congress (MWC) 2018, LaLiga pamerkan teknologi yang digunakan mulai dari sistem penyiaran dan pengumpulan data yang canggih untuk menyediakan informasi taktis dan strategis terkini bagi para klub yang tergabung dalam LaLiga.

Joris Evers, Chief Communications Officer LaLiga, menyatakan: “Tujuan kami bukan hanya untuk menghadirkan pertandingan kelas dunia bagi para penggemar kami, tetapi juga untuk menyajikan pengalaman audio-visual yang memukau. Selain itu, LaLiga juga menyediakan berbagai perangkat bantu untuk mendukung para pelatih untuk membuat klub-klub LaLiga menjadi semakin baik.” tulis Daily Minggu (2/;10/2022).

1. 4K HDR

Para penggemar sepak bola Spanyol juga dimanjakan dengan pengalaman visual tingkat tinggi, yaitu dengan adanya siaran berkualitas 4K High-Dynamic-Range (HDR) yang ditayangkan oleh LaLiga. Ada 20 kamera HDR yang digunakan termasuk sejumlah kamera tambahan, seperti kamera helikopter dan kamera derek. Gambar yang dihasilkan terlihat sangat nyata, sehingga pertandingan terasa dilaksanakan langsung di dalam ruangan para penonton.

2. Skycam

Skycam beroperasi di ketinggian 21 meter di atas lapangan, dan mampu menghasilkan rekaman dengan sudut pandang dari atas yang unik untuk menunjukkan suasana di dalam stadion.

Kamera-kamera yang digunakan adalah kamera high-definition dengan resolusi layar 4/3, serta memiliki desain yang kuat dan dilengkapi dengan lensa yang memiliki kemampuan wide-angle zoom hingga 14x.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1871 seconds (10.55#12.26)