5 Perbedaan Prosesor Intel dan AMD, dari Harga hingga Spesifikasinya

Jum'at, 30 September 2022 - 16:51 WIB
loading...
A A A
2. Harga

Salah satu perbedaan paling umum di antara kedua prosesor ini adalah dari segi harganya. Advanced Micro Devices atau AMD dikenal lebih murah jika dibandingkan dengan Intel.

Dalam riwayatnya, Intel tentu lebih dahulu menjadi pemimpin produksi motherboard atau CPU. Akan tetapi, sebagian orang memilih AMD karena menyediakan fungsionalitas yang hampir sama, namun harganya lebih miring.

3. Clock Speed

Perbedaan berikutnya antara prosesor Intel dan AMD adalah kecepatan clock yang dimiliki masing-masing variannya. Clock Speed sendiri merupakan jumlah operasi yang bisa dilakukan komputer dalam satu siklus jam.

Keduanya diketahui memiliki desain berbeda, sehingga prosesor Intel biasanya lebih cepat dibandingkan AMD. Maka dari itu, meski memiliki harga yang lebih mahal, namun performa Intel cenderung sedikit lebih cepat dari rivalnya.

Baca juga : Dua Prosesor Baru AMD Sasar Laptop dengan Harga Murah

4. Soket

Untuk diketahui, antara Intel maupun AMD memiliki perbedaan soket yang bisa dipertimbangkan. Tak hanya kecocokan konektor, namun daya listrik dan instruksi yang dimiliki juga berbeda.

Dari perbedaan ini, diketahui bahwa ketika prosesor bermasalah, maka harus diganti dengan merek yang sama. Mungkin variannya bisa ditingkatkan, namun tetap saja Anda tidak boleh menggantinya dengan merek lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2092 seconds (0.1#10.140)