5 Perbedaan Prosesor Intel dan AMD, dari Harga hingga Spesifikasinya

Jum'at, 30 September 2022 - 16:51 WIB
loading...
5 Perbedaan Prosesor Intel dan AMD, dari Harga hingga Spesifikasinya
Sejumlah perbedaan antara Intel dan AMD menarik untuk diketahui. Foto DOK vr-zone
A A A
JAKARTA - Sejumlah perbedaan antara Intel dan AMD menarik untuk diketahui. Sekadar informasi, baik Intel maupun AMD merupakan jenis prosesor yang biasa ditemui di laptop atau komputer.

Pada umumnya, sebagian orang yang hendak membeli laptop atau komputer biasanya melihat terlebih dahulu komponen-komponen yang terpasang di perangkat. Termasuk salah satunya adalah pada bagian prosesor.

Baca juga : Intel Rilis Prosesor Gaming, Diklaim Terkencang di Dunia

Lantas, apa saja sebenarnya perbedaan di antara Intel dan AMD ini?

Dikutip dari laman Easy Tech, Intel atau Advanced Micro Devices (AMD) merupakan dua perusahaan berbeda yang memproduksi motherboard dan CPU pada komputer pribadi.

Adapun kedua komponen tersebut (Motherboard & CPU) memiliki peranan penting dari komputer, karena disitulah sebagian besar kerja komputer berpusat.

Berikut beberapa perbedaan prosesor Intel dan AMD :

1. Profil

Integrated Electronics atau Intel merupakan perusahaan multinasional Amerika dengan kantor pusat di Santa Clara, California. Intel sendiri dikenal sebagai pengembang prosesor x86 pertama di dunia, yakni Intel 8086.

Kemudian, untuk AMD sendiri merupakan perusahaan semikonduktor multinasional Amerika dan didirikan oleh Jerry Sanders, Jack Gifford, dan John Carey. AMD muncul sebagai saingan Intel dengan varian Am386 miliknya.

2. Harga

Salah satu perbedaan paling umum di antara kedua prosesor ini adalah dari segi harganya. Advanced Micro Devices atau AMD dikenal lebih murah jika dibandingkan dengan Intel.

Dalam riwayatnya, Intel tentu lebih dahulu menjadi pemimpin produksi motherboard atau CPU. Akan tetapi, sebagian orang memilih AMD karena menyediakan fungsionalitas yang hampir sama, namun harganya lebih miring.

3. Clock Speed

Perbedaan berikutnya antara prosesor Intel dan AMD adalah kecepatan clock yang dimiliki masing-masing variannya. Clock Speed sendiri merupakan jumlah operasi yang bisa dilakukan komputer dalam satu siklus jam.

Keduanya diketahui memiliki desain berbeda, sehingga prosesor Intel biasanya lebih cepat dibandingkan AMD. Maka dari itu, meski memiliki harga yang lebih mahal, namun performa Intel cenderung sedikit lebih cepat dari rivalnya.

Baca juga : Dua Prosesor Baru AMD Sasar Laptop dengan Harga Murah

4. Soket

Untuk diketahui, antara Intel maupun AMD memiliki perbedaan soket yang bisa dipertimbangkan. Tak hanya kecocokan konektor, namun daya listrik dan instruksi yang dimiliki juga berbeda.

Dari perbedaan ini, diketahui bahwa ketika prosesor bermasalah, maka harus diganti dengan merek yang sama. Mungkin variannya bisa ditingkatkan, namun tetap saja Anda tidak boleh menggantinya dengan merek lain.

5. Varian

Beberapa jenis varian prosesor Intel adalah Intel Xeon, Intel Core i Series, hingga Intel Core m Series. Adapun beberapa yang paling populer diantaranya i3, i5, i7, serta i9.

Kemudian untuk varian AMD diantaranya ada AMD Ryzen, AMD Threadripper, AMD Athlon 64, dan sebagainya. Untuk jenis yang paling populer adalah AMD Ryzen 3, AMD Ryzen 5, dan lainnya.
(bim)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3684 seconds (11.210#12.26)